Friday, February 26, 2016

Berbagai Macam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Berbagai Macam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Salam merupakan sebuah nama pohon yang menghasilkan daun rempah-rempah yang biasanya dipergunakan sebagai salah satu bahan masakan di Indonesia. Dalam bahasa inggris, daun salam dikenal dengan nama Indonesian bay-leaf atau Indonesian Laurel. Sedangkan Untuk nama ilmiah daun salam sendiri dikenal dengan nama Syzgium polyanthum. Pohon salam umumnya memiliki ukuran sedang, ketinggiannya mencapai 30 m dengan diameter 60 cm. Kulit batangnya berwarna cokelat abu-abu. Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun salam adalah minyak esensial, ekstrak etanol, ekstrak metanol, flavonoida, tannin, dan juga minyak astiri. Selain digunakan sebagai bahan masakan, daun salam juga memiliki berbagai macam manfaat. Beberapa manfaat daun salam yang biasanya digunakan dalam dunia kesehatan adalah sebagai berikut :

Manfaat daun salam bagi kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang kebetulan memiliki masalah dengan kelebihan kadar kolesterol, ada baiknya anda mencoba mengkonsumsi bahan rempah-rempah yang satu ini yakni daun salam. Manfaat daun salam sendiri sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, daun salam juga bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya sangat mudah yakni:
  1. Sediakan 10 hingga 15 lembar daun salam yang masih segar. 
  2. Kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa kurang lebih 1 gelas saja. 
  3. Setelah itu dinginkan dan saring air rebusan daun salam lalu minum sekaligus ketika malam hari.
  4. Lakukan secara rutin, dengan demikian kadar kolesterol akan berkurang secara perlahan.

2. Mengobati Kencing Manis

Manfaat daun salam yang ke dua adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit kencing manis. Caranya juga sangat mudah yakni:
  1. Cukup dengan menyiapkan 7 sampai 15 lembar daun salam segar, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. 
  2. Lalu dinginkan dan saring. 
  3. Minum dua kali sehari agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. 
  4. Selain meminum air godokan daun salam ini, ada baiknya jika anda juga menjaga pola makan dan makan makanan yang sehat. Dengan demikian hasilnya akan lebih maksimal.

3. Mengobati Maag

Manfaat daun salam yang berikutnya adalah dapat digunakan sebagai obat sakit maag akut. Untuk anda yang memiliki penyakit maag yang sudah parah, anda bisa mencoba terapi yang satu ini. caranya adalah dengan: 
  1. Menyiapkan 10 sampai 20 lembar daun salam segar, kemudian rebus dengan setengah liter air sampai mendidih dengan waktu kurang lebih lima belas menit. 
  2. Kemudian tambahkan gula aren secukupnya. 
  3. Setelah dingin, minum secara rutin hingga rasa perih di perut mulai mereda dan menghilang.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun salam yang ke empat adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan di dalam tubuh. Kandungan mineral dan juga vitamin di dalamnya dapat membantu memperlancar pencernaan serta dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan lain sebagainya. Caranya sangat mudah, yakni dengan:
  1. Merebus beberapa lembar daun salam yang dicampur dengan sedikit garam. 
  2. Setelah air rebusannya dingin, minumlah dan lakukan terapi ini secara teratur hingga masalah pencernaan anda berkurang.
Demikianlah beberapa informasi sederhana yang bisa kami sampaikan terkait dengan manfaat daun salam. Ternyata daun salam tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan, namun bisa juga digunakan sebagai obat-obatan. Semoga informasi yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan para pembaca sekalian.



EmoticonEmoticon