Thursday, October 12, 2017

Manfaat Menemani Tidur Si Kecil

Sebagian besar masyarakat Barat dianggap telah mengkondisikan anak-anaknya untuk mandiri sejak dini dengan cara menyiapkan kamar bayi sebelum bayi lahir. Mereka menganggap budaya tersebut dapat membuat anak menjadi sosok yang pemberani dan tidak manja.


Namun ada studi yang menyatakan bahwa menemani anak saat tidur ternyata malah banyak juga manfaatnya, seperti yang dikutip dari Intisari Online yang menjelaskan beberapa manfaat menemani si kecil ketika tidur.

1. Mencegah gangguan kecemasan

Tidak seperti kepercayaan sebagian masyarakat bahwa tidur dengan anak akan membuat mereka manja dan serba bergantung, malah kebiasaan menemani mereka tidur dapat mencegah gangguan kecemasan.

2. Memudahkan saat menyusui

Bila anda adalah ibu yang masih menyusui, sebaiknya tidur dengan si kecil. Hal ini akan memudahkan ibu untuk menyusui si kecil sewaktu dibutuhkan karena lokasi yang dekat. Selalu dekat dengan bayi saat tidur juga akan mencegah timbulnya stres pada bayi dan juga membantu mengembangkan ikatan yang lebih dalam antara ibu dan bayi.

3. Menurunkan resiko SIDS

Bayi telah menghabiskan sembilan bulan lamanya berada di rahim ibu. Ketika lahir dan dibiasakan tidur sendiri maka bisa memicu timbulnya beberapa gangguan terkait kecemasan. Menemani anak tidur secara tidak langsung akan memudahkan orangtua dalam memantau detak jantung bayi, suhu tubuh, dan menghadirkan rasa aman bagi si kecil. Penelitian juga menunjukkan adanya penurunan resiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) ketika si kecil tidur dengan orang tua.

4. Mempererat ikatan keluarga

Anak-anak dan orangtuanya akan merasa lebih dekat satu sama lain saat tidur bersama. Ini menjadi cara yang sangat menyenangkan untuk mempererat hubungan keluarga. Orang dewasa yang menghabiskan masa kecilnya dengan tidur seranjang dengan orangtuanya akan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan orangtuanya.

Kuatnya pondasi hubungan kekeluargaan dapat dibangun sejak dini dari tempat tidur. Orangtua hanya perlu tahu waktu yang tepat untuk memindahkan anak ke dalam boks saat tidur, atau menyediakan kamar sendiri untuk buah hati saat mereka beranjak remaja.



1 komentar so far

terimakasih infonya membantu sekali,dan jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com


EmoticonEmoticon