Friday, February 26, 2016

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pepaya adalah salah satu jenis buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan dan juga Meksiko. Buah dengan warna orange segar ini, memang sangat nikmat jika dinikmati ketika hari sedang terik. Dalam dunia medis, buah pepaya sudah sangat terkenal karena keampuhannya mengobati beberapa jenis penyakit ringan. Di indonesia sendiri buah pepaya memiliki jumlah yang melimpah dan bisa ditemui dimana-mana dan harganya pun sangat murah. Kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat buahnya saja, padahal ada salah satu bagian dari pohon pepaya yang sebenarnya mengandung banyak sekali manfaat yakni daunnya. Manfaat daun pepaya tak hanya digunakan dalam dunia kesehatan namun ternyata bisa juga digunakan dalam dunia kecantikan. Daun pepaya sendiri mengandung beberapa senyawa katif yang mempunyai efek yang sangat baik bagi tubuh. Berikut ini akan kami berikan beberapa uraian mengenai manfaat yang bisa diambil dari daun pepaya.

1. Sebagai Obat Jerawat

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah dapat digunakan sebagai obat jerawat. Sebenarnya, nenek moyang kita jaman dulu telah banyak memanfaatkan daun pepaya ini sebagai salah satu obat untuk menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya juga sangat mudah yakni dengan mengambil 2 hingga 3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian jemur sebentar dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, masukkan 1 sendok air dan campurkan hingga merata. Gunakan tumbukan daun pepaya tersebut sebagai masker. Diamkan hingga kurang lebih dua puluh menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan terapi ini secara rutin agar jerawat cepat hilang.

2. Obat Demam Berdarah

Manfaat daun pepaya yang ke dua adalah dapat digunakan sebagai Obat demam berdarah. Untuk anda yang kebetulan terkena penyakit demam berdarah atau terindikasi mengalami gejala demam berdarah, anda bisa mengkonsumsi daun pepaya sebagai obat. Daun pepaya sangat baik dikonsumsi oleh para penderita demam berdarah karena daun pepaya memiliki kandungan zat yang bisa menetralkan penyakit tersebut. caranya sangat mudah yakni dengan merebus daun pepaya bersama dengan meniran, gula merah dan juga temulawak. Rebus hingga matang, kemudian dinginkan. Setelah dingin, ramuan bisa diminum.

3. Obat Anti Kanker

Manfaat daun pepaya yang ke tiga adalah dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Beberapa penelitian menyebutkan jika batang daun pepaya mengandung getah yang berwarna putih atau yang lebih dikenal dengan white milky latex yang sangat ampuh bila digunakan sebagai obat anti kanker. Namun anda tidak perlu memakan batang buah pepaya untuk mendapatkan khasiat dari zat tersebut. Anda cukup mengkonsumsi daun pepaya saja karena di dalam daun pepaya juga mengandung zat yang sama.

4. Baik Untuk Pencernaan

Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah untuk kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi daun pepaya yang sudah direbus akan sangat baik untuk memperlancar pencernaan. Hal ini diakibatkan oleh kandungan zat karparin yang terdapat dalam daun pepaya. Zat karparin sendiri merupakan suatu zat kimia yang dapat membasmi mikroorganisme jahat yang dapat menimbulkan masalah pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa mengkonsumsinnya 2 hingga 3 kali seminggu.

Demikianlah beberapa penjelasan yang bisa kami sampaikan terkait denganmanfaat daun pepaya. Untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya ini ternyata tak harus selalu dikonsumsi, namun ternyata daun pepaya bisa juga digunakan sebagai masker. Dengan demikian anda tidak perlu merasakan rasa pahit daun pepaya ketika menginginkan manfaat dari daun yang satu ini. semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menambah wawasan dan juga dapat membawa manfaat bagi para pembaca.



EmoticonEmoticon