Wednesday, November 15, 2017

Liburan Hemat Bersama Si Kecil

Liburan sekarang ini adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting terutama untuk keluarga. Disamping untuk refreshing, liburan juga bisa sebagai wahana untuk memperkenalkan kepada anak kita lingkungan di luar rumah agar mereka mengenal berbagai suasana sehingga nantinya bisa menyesuaikan diri terhadap tempat baru ketika mereka sudah besar.


Liburan yang hemat dan bisa dilakukan di dalam kota, misalnya menonton pertunjukan. Disini orang tua harus mengamati perilaku mereka di berbagai situasi. Bisa juga mereka akan cepat bosan, takut gelap, tidak tahan dengan suara berisik, tidak betah duduk lama dan sebagainya. Ketika si kecil merasa demikian, orang tua bisa menjelaskan kepada mereka tentang suasana yang terjadi untuk menghadapi kecenderungan perilaku tersebut. Apalagi jika pertunjukannya tidak menarik bagi si kecil, maka harus cepat-cepat keluar karena tidak bisa dipaksakan sampai selesai. Jadi pilihlah pertunjukan yang disenangi oleh si kecil.

Pilihlah pertunjukan yang kira-kira cocok untuk si kecil misalnya operet, meet and greet dengan tokoh kartun idola mereka, pertunjukan sirkus, ketangkasan hewan (lumba-lumba, singa laut, aneka satwa), pertunjukan tari dan musik. Durasi pertunjukan yang pas buat si kecil adalah sekitar 90 menit - 2 jam maksimal, selebihnya anak akan merasa bosan. Bisa juga liburan diisi dengan berenang agar si kecil sehat dan membantu pertumbuhan badannya.

Agar si kecil tertarik untuk menonton pertunjukan, berilah informasi terlebih dulu beberapa hari sebelumnya tentang pertunjukan tersebut atau berilah pilihan kepada mereka apa yang ingin ditonton. Informasi ini misalnya tentang cerita dan judul, tokoh yang ada di pertunjukan itu, tempat pertunjukan, tempat hiburan yang ada di sekitar tempat pertunjukan, makanan apa yang ada di sana, sehingga mereka tertarik untuk datang ke tempat pertunjukan. Lebih baik informasi yang disampaikan berbentuk visual sehingga mereka mendapatkan bayangan tentang apa yang akan mereka dapatkan.

Jika sudah cocok dengan si kecil tentang apa yang akan dikunjungi, usahakan mereka mempersiapkan diri terutama fisiknya dengan tidur yang cukup sehingga mereka tidak rewel karena mengantuk selama pertunjukkan. Istirahat bisa saja dilakukan sehari sebelumnya di rumah ataupun di dalam mobil ketika perjalanan menuju lokasi. Kemudian usahakan makan terlebih dahulu agar perut si kecil kenyang sehingga mereka tidak masuk angin atau rewel karena lapar.

Untuk liburan di rumah, bisa dilakukan dengan mengisi waktu seperti menggambar, melukis, mewarnai dengan krayon atau pensil warna, berkebun, bermain tenda, bermain harta karun, menempel stiker di tembok kamar mereka, bermain rumah-rumahan, menyusun mainan mereka agar rapi, membuat rumah dari kardus, menonton film di rumah, memasak alias fun cooking dan sebagainya. Banyak sekali sebenarnya yang bisa dilakukan ketika liburan di rumah yang penting kegiatannya bisa membuat perkembangan otak dan perilaku si kecil bertambah baik untuk meningkatkan kecerdasannya.




EmoticonEmoticon