Friday, November 17, 2017

Membuat Nyaman Si Kecil Ketika Berlibur

Liburan bagi keluarga terutama anak-anak adalah sangat penting karena dapat membuat keluarga selalu harmonis dan anak-anak terjaga kedekatannya dengan orang tua. Anak-anak bisa melihat dan mengenal dunia lain di luar rumah sehingga memperkaya wawasan dan berlatih untuk menyesuaikan diri di lingkungan luar rumah. Agar berlibur menjadi nyaman dengan si kecil, perlu dipersiapkan semua alat dan perlengkapan serta lokasi liburan bagi si kecil agar mereka disana betah dan tidak rewel ingin pulang.


Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah lokasi liburan. Tentunya harus sesuai dan cocok buat si kecil agar mereka betah dengan fasilitas-fasilitas pendukung seperti playground dan sebagainya. Alangkah baiknya ketika memilih lokasi liburan sertakan juga si kecil untuk memilih dengan menyajikan visual-visualnya sehingga mereka mempunyai gambaran tentang apa saja yang ada disana.

Foto-foto mengenai contoh kegiatan disana juga sangat penting untuk ditunjukkan kepada si kecil sebagai bahan pertimbangan mereka, misalnya, apa saja kegiatan disana seperti flying fox, naik sepeda, naik ATR, berkuda, ada kereta api mini, naik perahu sampan, komidi putar, api unggun atau apapun itu yang bisa menarik si kecil untuk bersemangat pergi berlibur kesana.

Setelah semua sepakat mengenai lokasi liburan maka waktunya menentukan jam berangkat, singgah dimana untuk beristirahat serta rute yang akan ditempuh. Kebanyakan untuk menghindari macet, biasanya berangkat larut malam hari jika keluar kota jarak jauh dengan tujuan agar si kecil tidur di perjalanan. Jika masih di dalam kota atau jarak dekat biasanya berangkat lebih pagi atau subuh biar segar, yang penting hindari macet agar si kecil nyaman di perjalanan dan tidak rewel.

Terakhir perlengkapan si kecil seperti mainan, pakaian yang cukup untuk ganti, obat-obatan dan vitamin, dan stok makanan ringan dan minuman yang disukai oleh si kecil agar tidak lapar di perjalanan.



EmoticonEmoticon