Friday, February 26, 2016

Manfaat Daun Bayam

Manfaat Daun Bayam

Siapa yang tidak mengetahui tentang daun bayam? Sedari kecil kita bisa melihat acara kartun di televisi yang memperlihatkan betapa berkhasiatnya daun bayam itu. Dengan memakan bayam kita menjadi kuat dan bertenaga karena zat besi dan berbagai vitamin serta mineral yang terkandung di dalamnya. Orangtua kita pun pasti sudah sering memasak daun bayam bagi anak-anaknya, baik dibuat sup maupun di tumis. Dimana-mana, bayam selalu dipromosikan sebagai makanan kesehatan alamiah yang bernutrisi tinggi.

Bayam telah dikenal di seantero Indonesia dan juga dunia. Tanaman ini sebenarnya berasal dari daerah tropik di benua Amerika, namun, seperti yang telah kita lihat sekarang, tanaman ini telah tersebar di seluruh dunia. Uniknya, daun bayam yang dimanfaatkan sebagai sayur biasanya hanya terjadi di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Bentuk tanaman bayam tegak, walau ada beberapa yang sedikit miring. Biasanya tingginya mencapai 80-150 cm. Batangnya kecil dan berair.

Tahukah Anda bahwa bayam bisa dikategorikan menjadi dua jenis? Bayam, yang secara ilmiahnya termasuk dalam genus Amaranthus, dibedakan menjadi jenis bayam cabut dan bayam petik. Apa bedanya? Yang pertama adalah, bayam cabut berumur lebih pendek daripada bayam petik. Daun bayam cabut sendiri lebih kecil dan biasa dicabut sampai ke akar-akarnya. Bayam inilah yang biasanya digunakan untuk dibuat sup. Sementara bayam petik tanamannya tinggi tegak dengan ukuran daun yang lebih lebar, sehingga biasanya dipakai dalam masakan seperti gado-gado, urap, dan lalapan.

Jenis Spesies Tanaman Bayam

Selain dua kategori di atas, tanaman bayam sendiri sebenarnya mempunyai banyak spesies. Berikut adalah beberapa spesies-spesies bayam yang dikenal:
  1. Amaranthus hybridus, yang biasa digunakan sebagai bayam petik
  2. A. tricolor, biasanya bayam cabut berasal dari jenis ini
  3. A. spinosus, atau dikenal sebagai bayam duri
  4. A. blitum, yaitu bayam kotok
  5. A. caudatus, digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang cantik berwarna merah panjang.
Ternyata daun bayam mempunyai banyak spesies yang beragam dengan fungsinya masing-masing. Tidak kurang dari 60 varietas bayam yang telah dikenal, sebagian bahkan tidak dapat dikonsumsi.

Kandungan nutrisi daun bayam

Kita umumnya telah mengetahui bahwa bayam mengandung zat besi tinggi dan sangat baik bagi kesehatan. Namun, bayam tidak melulu hanya mengandung zat besi. Ada alasan yang sangat bagus kenapa orang-orang secara turun-temurun memberikan masakan bayam pada anak-anaknya, yaitu karena bayam mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Inilah kandungan nutrisi yang terdapat di dalam bayam, diantaranya:
  1. Zat besi
  2. Vitamin A
  3. Vitamin K
  4. Klorofil (antioksidan)
  5. Mangan
  6. Magnesium
  7. Asam Folat
  8. Serat
  9. Protein
  10. Kalsium
  11. Karbohidrat
Masih banyak lagi kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun bayam. Tidak salah jika daun bayam menjadi pilihan makanan sehat.

Manfaat Daun Bayam untuk Kesehatan

Bagian bayam yang biasanya bisa kita manfaatkan adalah daun dan akarnya. Namun jika digunakan sebagai ramuan obat, disarankan untuk merebus daun bayam sebentar saja. Ini untuk mencegah agar nutrisi dalam bayam tidak hilang. Berikut adalah manfaat dan khasiat dari daun bayam yang telah diketahui:

1. Manfaat daun bayam untuk penambah darah

Zat besi tinggi yang terkandung dalam bayam berguna untuk produksi sel darah merah. Tidak heran bayam direkomendasikan bagi penderita anemia dan wanita yang sedang mengalami haid. Berikut adalah cara meraciknya:
  1. Daun bayam merah sebanyak 3 genggam,
  2. Dicuci kemudian ditumbuk halus,
  3. Tambah air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan,
  4. Tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan,
  5. Tambahkan 1 butir telur ayam kampung.
  6. Setelah semua bahan diaduk rata, ramuan tersebut bisa diminum setiap hari dalam kurun waktu satu minggu.

2. Daun bayam sebagai obat demam

Jika badan terasa panas dan meriang karena terserang demam, ramuan di bawah ini bisa dicoba:
  1. Siapkan 2 daun bayam dan batangnya,
  2. Siapkan satu butir telur ayam kampung (atau biasa, jika tidak ada),
  3. Tumbuk semua bahan sampai halus,
  4. Masukkan semua bahan ke dalam ember berisi air.
  5. Setelah semua bahan direndam di dalam air, oleskan ramuan tersebut di bagian dahi dan jidat. Demam akan turun tidak lama setelahnya.

3. Daun bayam sebagai obat bronkitis dan gangguan pernapasan

Saat mengalami sakit paru-paru atau gangguan pernapasan lainnya, bayam ternyata sangat berguna untuk menyembuhkan. Simaklah cara pembuatan ramuan nya berikut ini:
  1. Daun bayam, akar, dan bunga,
  2. Tumbuk sampai halus,
  3. Direbus dalam 1 liter air
  4. Saring.
  5. Air hasil rebusan tersebut mampu mengobati gangguan pernapasan yang dialami. Minumlah di saat air rebusan tersebut telah dingin. Waktu minum pada pagi dan sore setiap hari.
Bayam memang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan semua hal di atas masih belum menyebutkan semua kegunaan tanaman yang satu ini. Seperti fakta bahwa bayam sangat berguna sebagai penambah ASI pada ibu-ibu yang sedang menyusui, atau bahwa bayam berguna bagi mereka yang mempunyai masalah kencing. Benar-benar tanaman sederhana yang mempunyai berjuta manfaat. Beberapa manfaat bayam sebagai sayuran untuk dikonsumsi yang lainnya adalah:
  1. Melawan sel kanker
  2. Memberikan penglihatan yang lebih baik
  3. Antioksidan
  4. Menurunkan tekanan darah
  5. Menyehatkan jantung
  6. Anti inflamasi
  7. Mencegah diabetes
  8. Meningkatkan daya ingat
  9. Merangsang pertumbuhan anak
  10. Menjaga sistem pencernaan
  11. Menjaga kesehatan kulit
Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari daun bayam. Hal-hal di atas hanyalah beberapa di antaranya. Maka dari itu, mulai dari sekarang lebih seringlah mengkonsumsi sayur bayam.



EmoticonEmoticon