Sunday, July 24, 2016

Membuat Perencanaan Anggaran Bulanan Pribadi

Tags

Membuat Perencanaan Anggaran Bulanan Pribadi

Membuat perencanaan anggaran bulanan sangat penting untuk mengatur keuangan pribadi maupun rumah tangga. Apalagi jika pengeluaran ternyata lebih besar daripada penghasilan. Dengan melakukan perencanaan anggaran bulanan yang baik, hal ini bisa membantu dalam kepastian membayar semua tagihan tepat pada waktunya. Adapun langkah-langkah dalam membuat rencana anggaran adalah sebagai berikut:

Menjumlahkan semua pendapatan

Membuat daftar identifikasi dan mencatat semua sumber pendapatan yang diterima adalah langkah awal untuk memulai rencana membuat anggaran. Jika sumber pendapatan adalah gaji yang diterima secara teratur setiap bulan maka pastikan bahwa yang diidentifikasi dan dicatat adalah gaji bersih, bukan gaji kotor sehingga semua jumlah pengeluaran mengacu pada pendapatan gaji bersih tersebut. Pajak biasanya sudah dikurangi dari gaji yang ditransfer atau diterima. Tapi jika tidak, pastikan anda memasukkan sebagai pengeluaran. Jika ada tambahan pendapatan lainnya selain gaji, kategorikan sebagai pendapatan lainnya.

Memperkirakan pengeluaran

Catatlah semua pengeluaran dalam satu bulan. Kelompokkan menjadi pengeluaran tetap dan pengeluaran tidak tetap. Pengeluaran tetap adalah pengeluaran yang selalu dikeluarkan setiap bulan, seperti belanja kebutuhan bulanan dan membayar tagihan listrik, telepon, tv kabel, internet, handphone dan sebagainya. Sedangkan pengeluaran tidak tetap adalah pengeluaran yang tidak rutin dalam satu bulan. Contohnya adalah dana untuk hiburan, liburan, bengkel mobil, dan sebagainya. Dengan mencatat pengeluaran maka anda bisa memperkirakan apa saja yang perlu dibeli dan tidak perlu dibeli.

Menghitung sisanya

Setelah mengidentifikasi dan mencatat pendapatan dan pengeluaran, maka silahkan hitung sisanya dengan mengurangi jumlah total pendapatan dengan pengeluaran. Hasil pengurangan yang positif menunjukkan bahwa pendapatan anda lebih besar daripada pengeluaran dan begitu juga sebaliknya.




EmoticonEmoticon