Sunday, July 24, 2016

Mencegah Karat Pada Furnitur Berbahan Besi

Mencegah Karat Pada Furnitur Berbahan Besi

Seiring dengan makin berkembangnya berbagai macam gaya dan model rumah pda hunian-hunian yang ada di Indonesia membuat ciri rumah, termasuk yang tampak pada perabotannya menjadi semakin beragam. Banyak sekali berkembang berbagai desain perabotan rumah, salah satunya desain gaya industrial yang makin populer karena bisa menunjukkan keindahan material rustic dan berbahan logam.

Desain perabotan berbahan logam semakin lama semakin minimalis. Produsen furnitur berbahan logam sekarang ini justru lebih menonjolkan kesederhanaan. Besi yang dimanfaatkan untuk kaki meja atau kursi lebih sering berbentuk lurus saja. Begitu juga dengan motif, para desainer lebih bermain dengan proporsi. Cat berwarna dasar yaitu hitam dan putih dipilih untuk melapisi furnitur dari besi atau logam.

Furnitur berbahan dasar logam sangat fleksibel dari segi penempatan karena bisa ditempatkan di dalam maupun diluar ruangan. Ketika ditempatkan di dalam ruangan, furnitur tersebut dapat menciptakan kesan modern dan maskulin. Begitu pula ketika ditempatkan di luar ruangan, perabotan berbahan besi lebih tahan terhadap cuaca dibandingkan dengan furnitur plastik yang cenderung ringkih dan mudah getas karena terkena sinar matahari atau kayu yang mudah lembab dan lapuk jika kena rayap.

Akan tetapi walaupun furnitur besi tahan terhadap cuaca ketika diletakkan diluar ruangan, bukan berarti sama sekali terbebas dari masalah. Karat adalah masalah utama furnitur dari besi. Untuk mencegahnya, anda bisa mengecat seluruh permukaan furnitur berbahan logam dengan cat besi atau pelindung anti karat sebelum menggunakannya. Tetapi jika karat sudah terlanjur ada di furnitur, apakah yang harus segera dilakukan? Sebagian orang mungkin langsung mengecat ulang furnitur, tetapi ini bukan cara yang tepat karena karat masih tetap menempel pada furnitur.

Yang harus dilakukan adalah, sebelum mengecat ulang, anda harus membersihkan terlebih dahulu karatnya. Caranya dengan menyikat permukaan furnitur logam dengan menggunakan sikat kawat. Sikatlah dengan hati-hati karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan goresan-goresan yang berbekas pada furnitur. Jika karat sudah banyak menempel pada sikat, cucilah terlebih dahulu sampai bersih sebelum anda melanjutkan menyikat furnitur.

Setelah bersih dari karat, jemur atau angin-anginkan furnitur sampai bagian besinya sudah benar-benar kering. Terakhir, lapisi permukaan furnitur dengan cat primer antikarat. Ini sangat berguna untuk mencegah karat muncul kembali. Dan rumahpun kembali bergaya dengan tampilan furnitur besi yang modern, bersih dan terawat.



EmoticonEmoticon