Thursday, October 12, 2017

Keluarga Adalah Pendidikan Pertama Bagi Anak

Menikmati peran sebagai orangtua merpakan wujud rasa syukur terhadap anugerah kehidupan. Peran besar yang patut anda jalani adalah membesarkan anak dengan kasih sayang dan perhatian yang tulus.


Bagi anak, kehadiran orangtua dan saudara kandung yang disebut dengan keluarga adalah tempat pertamanya mendapatkan pendidikan nilai kehidupan karena pemahaman awal anak mengenai suatu sikap atau nilai positif bukanlah dari teori, melainkan pengalaman langsung.

Ibarat spons, anak akan sangat cepat menyerap dari perilaku orang-orang terdekatnya. Untuk itulah beragam nilai positif seperti nilai kedisiplinan, tanggung jawab, religi, kejujuran, dan kasih sayang perlu diajarkan sejak usia dini.

Masa keemasan tumbuh kembang anak yaitu usia 0 - 6 tahun adalah fase yang tepat untuk memberikan pendidikan pertama. Oleh karena itu, peran orangtua amat diperlukan untuk membimbing serta menanamkan nilai dan keyakinan yang baik dan bijak.

Berikut adalah 10 karakter terpenting yang harus dimiliki oleh anak anda seperti yang disarikan dalam buku The Golden Rules to Raise Your Children karya dr. Alicia Christine yaitu:

  1. Nilai-nilai moral
  2. Kemampuan untuk menunda penghargaan atau tidak cepat berpuas diri
  3. Memahami konsekuensi tindakannya
  4. Empati kepada orang lain
  5. Etika kerja yang kuat
  6. Keinginan untuk menghadapi tantangan
  7. Kemampuan belajar dari kegagalan
  8. Kemampuan bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan
  9. Toleransi terhadap umpan balik negatif
  10. Kemampuan menoleransi rasa frustasi



EmoticonEmoticon