Monday, October 31, 2016

Layanan Call Center 112 Untuk Jakarta Siaga, Mantap!

Layanan Call Center 112 Untuk Jakarta Siaga, Mantap!

Layanan Call Center Jakarta Siaga 112 merupakan program yang dilaksanakan secara mandiri oleh Pemprov DKI Jakarta dengan bantuan CSR dari PT. BCA, Tbk, yang meliputi pembangunan sistem dan pelatihan agent. Dikoordinir oleh BPBD DKI dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat untuk Kebakaran, Bencana, Ambulance Medis, Gangguan Keamanan, Kecelakaan dan Kasus Kegawatdaruratan lainnya dan koordinasi antar instansi di Jajaran Pemprov DKI Jakarta menjadi lebih baik dan terpadu.

Layanan Call Center Jakarta Siaga 112 memiliki sistem hampir serupa dengan 911 milik Amerika. Dengan mengintegrasi data dari Jakarta Smart City Dinas Kominfomas Provinsi DKI Jakarta dimana Agent Call Center Jakarta Siaga 112 akan memandu, memberikan pertolongan pertama dan memberikan saran kepada penelpon agar melakukan tindakan-tindakan tertentu sampai bantuan atau petugas tiba dilokasi kejadian sesuai dengan Standard Operational Porsedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Agent Call Center Jakarta Siaga 112 nantinya juga langsung dapat menghubungi dan mengarahkan petugas dilapangan agar cepat sampai ke lokasi kejadian dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) yang terpasang pada setiap perangkat yang dibawa oleh petugas lapangan. Beberapa jalur komunikasi yang digunakan sebagai sarana komunikasi berlapis dalam Sistem Jakarta Siaga 112 antara lain Radio Trunking, Web Monitoring, CROP dan pergerakan aktivitas di lapangan dapat dimonitor oleh Agen Call Center Jakarta Siaga 112 melalui camera CCTV.

Untuk koordinasi dan komunikasi dengan Polda Metro Jaya, Agent Call Center Jakarta Siaga 112 menggunakan Radio RIG Polda Metro Jaya yang ditempatkan di ruang Call Center Jakarta Siaga 112 dan terhubung dengan Biro Operasi Polda Metro Jaya dan seluruh Polsek di DKI.






EmoticonEmoticon