Friday, December 15, 2017

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Donor Darah

Donor darah adalah perbuatan yang sangat mulia karena dengan menyumbangkan setetes darah anda berarti sudah menyelamatkan sesama manusia yang sedang memerlukan darah tambahan untuk menyambung hidupnya. Dengan donor darah, para pendonor selain mendapatkan pahala juga mendapatkan kesehatan karena terjadi sirkulasi darah di tubuhnya.

www.infoserbaserbi.com

Ketika anda menjadi pendonor, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah donor darah. Apakah itu? Berikut penjelasannya.

Sebelum Donor Darah

Donor darah membutuhkan kesiapan tubuh yang harus fit dan sedang tidak terganggu kesehatannya. Untuk itu perlu melakukan tes kesehatan yang dilakukan oleh PMI sebelum darah anda diambil apakah anda layak atau tidak. Sebelum berangkat ke lokasi donor darah, berikut hal yang harus anda lakukan agar lulus tes yaitu Hemoglobin harus sesuai standar yaitu 14 - 17.

1. Minum air putih yang banyak

Tujuannya adalah agar tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik yang dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi lebih banyak energi.

2. Mengkonsumsi makanan yang kaya energi

Tujuannya adalah agar tubuh tidak lemas energi tubuh melimpah sehingga setelah diambil darah tidak pusing atau lemas. Makanan yang mengandung energi ini contohnya adalah daging ayam, daging sapi, dan ikan.

3. Hindari makanan yang berlemak tinggi

Hal ini bertujuan agar mudah diuji dan ditransfusi. Jika darah mengandung terlalu banyak lemak maka akan sulit untuk diambil karena darahnya kental. Ini bisa terlihat dari tes darah sebelum dilakukan proses donor darah.

4. Mengkonsumsi makanan sehat

Hal ini dapat meningkatkan kualitas darah kita seperti kacang-kacangan, roti gandum, atau susu tanpa lemak.

5. Tidur yang cukup

Tidur atau istirahat yang cukup berguna agar keesokan hari pada waktu donor darah anda dalam kondisi yang segar dan fit. Biasanya donor darah dilakukan pagi hari sehingga tidur malam akan sangat membantu kesegaran anda.

Sesudah Donor

Setelah darah diambil untuk donor sudah tentu tidak boleh langsung bangun dari tempat tidur. Biasanya disarankan oleh PMI untuk menekuk tangan dengan jari keatas agar darah cepat berhenti beberapa saat. Setelah itu duduk beberapa saat dan kemudian berdiri agar tidak pusing. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan setelah diambil donornya.

1. Minum cairan

Tujuannya untuk menggantikan cairan yang baru saja hilang setidaknya 24 sampai 48 jam ke depan agar tidak terjadi tekanan darah rendah.

2. Makan makanan yang kaya asam folat

Mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat seperti kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau untuk memproduksi sel-sel darah merah baru dan membantu menggantikan sel-sel darah yang hilang selama donor darah.

3. Makan makanan yang kaya riboflavin

Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B-2 (riboflavin) seperti telur, susu dan yoghurt untuk memproduksi sel darah merah. Biasanya PMI setelah melakukan donor darah menyediakan susu coklat UHT, roti dan sebagainya untuk membantu memulihkan kondisi pendonor.


Selamat donor darah ya..



EmoticonEmoticon