Thursday, December 7, 2017

Mencari Modal Tanpa Berhutang


Ketika memulai usaha sudah pasti ada perasaan takut gagal dan tidak percaya diri. Begitu juga masalah minimnya modal juga dianggap menghambat dalam merintis usaha atau bisnis. Disini mental yang berbicara untuk mengatasi semua kendala psikologi dan teknis diatas. Untuk mengatasi minimnya modal, ada berbagai jalan untuk mendapatkan modal tanpa harus berhutang atau meminjam.

1. Buat rencana bisnis

Hal ini jangan dianggap sepele karena sangat penting untuk memetakan langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Dalam rencana bisnis ini tidak hanya tercantum strategi tetapi juga perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk membangun bisnis, sumber pendapatan bisnis, dan juga pengeluaran. Dari paparan diatas akan terlihat modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha.

2. Mencari dana untuk modal

Rencanakan strategi untuk mencari modal tanpa meminjam dengan mengandalkan banyak sumber sebagai alternatif.

3. Modal dari tabungan sendiri

Cara ini bisa dilakukan tapi dengan catatan jangan gunakan seluruh isi tabungan paling tidak sepertiga dari isi tabungan yang digunakan karena anda harus mengalokasikan dana untuk cadangan dan kebutuhan darurat apabila usaha yang dirintis tidak berhasil.

Hal ini juga tergantung dari jenis usaha yang dirintis dan skala usaha yang didirikan. Untuk usaha seperti reseller misalnya, akan memerlukan jumlah modal yang berbeda dibandingkan usaha memproduksi pakaian jadi.

4. Sisihkan pemasukan per bulan untuk modal

Ketika usaha sudah berjalan, usahakan menyisihkan 20 - 30 persen dari penghasilan per bulan untuk tambahan modal. Jika anda masih kuliah dan masih mengandalkan kiriman orangtua, sisihkan denganporsi yang sama seperti diatas untuk menambah modal usaha setiap bulan. Dalam setahun sudah pasti anda akan mendapatkan modal usaha yang lumayan.

5. Ambil pekerjaan paruh waktu

Jika modal usaha yang dibutuhkan cukup besar, anda bisa mengambil pekerjaan paruh waktu. Hasilnya bisa jadi tidak besar dibanding pemasukan anda setiap bulan tetapi jika dikumpulkan pasti jumlahnya akan semakin banyak.

6. Mencari partner bisnis

Menjadikan teman atau saudara untuk bergabung dengan bisnis anda mungkin suatu hal yang tepat untuk mendapatkan dana tanpa meminjam atau berhutang. Bisa saja teman atau saudara yang bersedia berpartner akan memberikan modal dengan sistem bagi hasil yang disepakati.

7. Mengatur gaya hidup

Tidak kalah penting adalah mengatur gaya hidup seperti hobi belanja, makan di restoran mahal dan sebagainya sebaiknya ditinggalkan karena masih merintis usaha. Lebih baik uangnya disisihkan untuk tambahan modal. Biasakan kencangkan ikat pinggang dan bersabar karena ketika bisnis berkembang maka rasa lelah dan capek akan terbayar lunas.





EmoticonEmoticon