Friday, September 2, 2016

Resep Kue Bolu Kukus

Resep Kue Bolu Kukus


Bahan:

  • 200 gr gula pasir.
  • 2 butir telur.
  • 275 gr tepung terigu berkadar protein sedang.
  • 225 ml minuman bersoda tawar seperti sprite atau f&n.
  • 2 sdt emulsifier (sp/tbm).
  • 1/2 sdt baking powder.
  • 1/2 sdt esens vanili.
  • 2 tetes pewarna makanan 1 (misal warna merah, pink, dll)
  • 2 tetes pewarna makanan 2 (misal warna hijau, biru, dll)

Cara Membuat:

  1. Campur bahan berikut; gula pasir, telur, dan emulsifier kemudian kocok hingga kaku selama kurang lebih 10 menit.
  2. Ayak atau saring tepung terigu dan baking powder secara bergantian dan campur dengan minuman bersoda lalu kocok perlahan. Selanjutnya masukan esens vanili lalu aduk hingga rata.
  3. Agar kue bolu kukus lebih menarik maka ambil 50 gram adonan untuk diberi pewarna 1 kemudian aduk hingga rata. Kemudian ambil 50 gram adonan lagi dan beri pewarna 2 aduk rata. Sisa adonan biarkan berwarna putih.
  4. Masukan adonan putih pada cetakan bolu kukus yang telah dilapis kertas kue. Beri variasi dengan menambah adonan warna 1 dan 2 pada bagian atas.
  5. Selanjutnya kukus selama 10 menit dengan api besar.

Tips Agar Bolu Mekar Mengembang:

  1. Setiap membuat adonan sebaiknya menggunakan air soda yang baru di beli. Hasil kurang maksimal jika menggunakan air soda yang sudah pernah di buka karena soda telah menguap.
  2. Gunakan Mixer berkecepatan tinggi ketika mengocok adonan selama 15 menit. Pastikan adonan benar-benar mengembang.
  3. Sebaiknya menggunakan cetakan berbahan alumunium yang berlubang. Karena berbahan aluminium akan membuat panas secara merata ke dalam adonan, hasilnya pun kue bolu kukus mekar mengembang maksimal.
  4. Dalam mengisi adonan di cetakan pastikan adonan sejajar dengan tinggi cetakan. Jika tidak sejajar akan berdampak pada hasil yang tidak mengembang.
  5. Sebelum memasukan kue bolu di pengukus sebaiknya panci pengukus dipanaskan hingga air didalam panci mendidih.
  6. Lapisi penutup panci pengukus dengan kain lap yang bersih yang bertujuan menyerap uap airsehingga tidak menetes di kue saat di kukus.
  7. Sebaiknya jangan sekali-kali membuka penutup panci kukusan sebelum kue benar-benar masak. Biasanya waktu yang dibutuhkan agar kue bolu benar-benar masak sekitar 10 menit baru boleh dibuka.
  8. Untuk mengecek kematangan kue sebaiknya gunakan lidi untuk memastikan. Caranya yaitu dengan menusuk adonan menggunakan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi maka bisa dipastikan bahwa bolu benar-benar sudah masak.
Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon