Tuesday, March 15, 2016

Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya


Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang edutainment budaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation yang berbasis teknologi digital dari Indonesia untuk Indonesia yang menyuguhkan informasi kekayaan budaya nusantara. Mulai dari alat musik tradisional, mainan tradisional, baju adat, sampai informasi tentang kuliner, pariwisata, tradisi dan kesenian dikemas secara digital dan interaktif di tempat ini.

Terletak di Grand Indonesia, Galeri Indonesia Kaya menawarkan alternatif dalam mempelajari tradisi budaya Indonesia dengan cara yang lebih modern, menyenangkan, mudah dan gratis.

Galeri Indonesia Kaya dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 yang menyuguhkan tontonan budaya, mulai dari seni panggung, musik, pemutaran film, diskusi budaya, seminar dan workshop secara gratis. Para seniman yang ingin memakai auditorium dapat menggunakannya tanpa dipungut biaya.

Galeri Indonesia Kaya juga menyuguhkan berbagai macam pertunjukan budaya dari seniman-seniman Indonesia, baik mereka yang baru berkiprah atau mereka yang telah lama berkecimpung dalam dunia seni, tiap akhir pekan.

Galeri seni dan ruang pertunjukan multimedia ini cocok buat buah hati sekaligus Anda sendiri. Di sini, Anda sekeluarga bisa belajar tentang kebudayaan Indonesia yang kaya dengan bantuan multimedia serta menikmati pertunjukan budaya dengan gratis.

Fasilitas

Auditorium

Galeri Indonesia Kaya dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 150 orang, lengkap dengan panggung sebesar 13x3m dengan tiga buah screen dilengkapi projector utama 10.000 lumens dan projector pendukung 7.000 lumens, sound system dengan audio power mencapai 5000watt, disertai dengan empat buah moving LED diatas panggung dan tata lampu LED berjumlah 36 buah yang menghasilkan efek dramatis. Saat tidak ada pertunjukan yang berlangsung, pengunjung masih dapat menikmati menari tarian daerah dengan Fantasi Tari Indonesia. Beberapa tarian khas nusantara yang dikemas virtual membuat pengunjung dapat seakan-akan menari bersama dengan mereka.

Sapa Indonesia

Layar multimedia menampilkan pemuda-pemudi Indonesia berbaju adat dari berbagai daerah di nusantara yang menyapa pengunjung.

Video Mapping

Video mapping dengan bentuk wayang kulit, menceritakan penggalan-penggalan Mahabarata tentang kiprah Pandawa melawan Kurawa.

Kaca Pintar Indonesia

Merupakan kumpulan objek budaya di seluruh nusantara mulai dari pariwisata, kuliner, kesenian dan tradisi. Dengan tampilan yang menarik diatas layar touch screen.

Jelajah Indonesia

Layar sentuh multimedia yang membahas seluk beluk budaya Indonesia dari banyak sisi, seperti dari sisi geografis, kebiasaan dan asal usul.

Selaras Pakaian Adat

Pengunjung dapat berfoto dengan pakaian adat digital dari seluruh nusantara. Aplikasi ini terhubung dengan social media sehingga pengunjung dapat mengunggah fotonya.

Melodi Alunan Daerah

Berbagai macam alat musik Nusantara telah dihadirkan secara digital dengan bentuk touch screen. Pengunjung dapat bermain dan mengaransemen musiknya sendiri.

Selasar Santai

Selasar santai merupakan ruangan dimana pengunjung dapat bersantai menikmati Galeri Indonesia Kaya. Di dalam selasar santai terdapat 10 tablet yang bebas dipakai.

Ceria Anak Indonesia

Pengunjung dapat mencoba bermain permainan tradisional, congklak secara virtual yang diciptakan mirip dengan permainan aslinya.

Layar Telaah Budaya

Berteknologi Microsoft Surface, Layar Telaah Budaya menampilkan informasi budaya secara Interaktif cukup dengan meletakkan kartu dengan obyek budaya yang diinginkan.

Arungi Indonesia

Arungi Indonesia menawarkan sensasi terbang diatas Indonesia. Lewati beberapa obyek-obyek penting dan ternama di Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan tentang obyek tersebut.

Area Peraga

Area peraga merupakan area untuk para pengrajin. Disini, pengrajin dapat memperagakan proses pembuatan berbagai kerajinan khas Indonesia.

Area Cinderamata

Melalui area cinderamata, para pemilik industri yang mengolah hasil budaya Indonesia menjadi produk modern dapat menunjukkan karyanya kepada masyarakat. Para pemilik industri dapat menitipkan produk mereka dengan gratis.

Lokasi

Alamat: Grand Indonesia West Mall Lt. 8, Jln. MH.Thamrin No.1, telp (021) 235 80 701
Jam buka: 10.00-22.00
Tiket masuk: Gratis (harus reservasi dulu lewat http://www.indonesiakaya.com/galeri-indonesia-kaya/kegiatan)
Website: www.indonesiakaya.com


EmoticonEmoticon