Thursday, December 7, 2017

Ketika Mbaknya Anak Kita Pulang Kampung

Asisten Rumah Tangga atau sering kita sebut mbaknya anak-anak memang saat ini ada yang sangat membutuhkan ataupun tidak. Mungkin yang sedang tidak membutuhkan mempunyai berbagai alasan seperti ingin mendidik anak-anak untuk mandiri sejak dini. Namun jika masih membutuhkan maka seharusnya diantisipasi ketika mbaknya anak-anak pulang kampung, entah ada urusan keluarga ataupun mudik lebaran.

Anak-anak harus dilatih mandiri ketika mbaknya pulang kampung. Seperti membenahi pakaian mereka sendiri, membersihkan kamar, dan sebagainya. Salah satu cara untuk melatih mereka adalah membuat daftar pekerjaan. Ini bisa dilakukan ketika anak kita sudah berumur 6 tahun keatas. Berikut adalah daftar apa yang harus anak-anak lakukan agar pekerjaan rumah bisa dikerjakan bersama-sama dengan semua anggota rumah.

Anak-anak bisa dilatih untuk membuat kesepakatan untuk berbagi tugas pekerjaan rumah tangga. Misalnya ada yang menyiapkan meja makan, mencuci piring, menyapu, mengepel dan sebagainya. Mungkin dengan cara tugas bergilir.


  1. Dibuat kesepakatan bagi semua anggota keluarga agar setiap orang wajib mencuci piring dan gelas masing-masing serta wajib membereskan tempat tidur mereka masing-masing.
  2. Bisa diusulkan jika semua setuju untuk menggunakan gelas dan piring yang sekali pakai, akan tetapi ini kurang efisien dan tidak mendidik untuk mandiri.
  3. Agar rumah tidak cepat berantakan harus dibuat jadwal giliran untuk membersihkan rumah atau bagian rumah tertentu. Misalnya A membersihkan, ruang tamu, B membersihkan dapur, C membersihkan ruang keluarga, D membersihkan kamar mandi.
  4. Dibuat kesepakatan ketika selesai bermain harus segera dibereskan agar rumah rapi kembali.
  5. Untuk menjamin keamanan rumah, pintu depan harus ditutup ketika anggota rumah yang dewasa pergi beraktifitas dan hanya ada anak-anak di rumah.

Daftar kesepakatan diatas sangat penting untuk melatih anak-anak bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan juga untuk berpartisipasi dalam kerja sama kelompok.


EmoticonEmoticon