Tuesday, December 5, 2017

Naik Pesawat Sekarang Makin Mudah dan Praktis

Indonesia sebagai negara kepulauan dan mempunyai populasi penduduk yang besar merupakan pasar yang empuk bagi maskapai penerbangan berongkos murah. Hal ini sangat menguntungkan masyarakat Indonesia karena semua orang bisa menikmati moda transportasi pesawat. Dengan makin banyaknya pengguna pesawat, maskapai berongkos murah semakin banyak meraup keuntungan. Ini yang membuat mereka terus meningkatkan pelayanannya agar masyarakat semakin gampang dalam proses pembelian maupun check in ketika di bandara.


1. Mudahnya membeli tiket

Pelayanan yang mudah dalam membeli tiket membuat masyarakat semakain melek teknologi terutama pembelian online. Sudah pasti karena hampir semua maskapai memaksa konsumennya untuk membeli tiket di website perusahaan mereka maupun bekerja sama dengan perusahaan fintech seperti Traveloka, Tiket.com dan sebagainya. Bahkan pembelian tiket pesawat bisa dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan dan sudah pasti harganya jauh lebih murah. Tidak heran tiket selama libur hari lebaran sudah habis dipesan. Cara ini dapat menghindarkan orang untuk antri tiket di counter dan tidak ada lagi calo tiket yang bisa menjual dengan harga mencekik leher. 

2. Mudahnya check in

Pelayanan check in pesawat ketika hari keberangkatan juga dipermudah. Untuk menghindari antrian, sudah banyak maskapai berbiaya murah menerapkan web check in. Penumpang cukup membuka website maskapai yang bersangkutan melalu gadget ataupun PC. Kemudian masukkan kode pemesanan (booking) tiket dan nama belakang atau keluarga. Penumpang juga dapat memilih kursi yang diinginkan secara gratis. Tetapi hanya sedikit maskapai yang menggratiskan layanan ini.

Menggunakan we check in dianggap penumpang bepergian hanya dengan bagasi yang bisa dibawa ke kabin pesawat. Tetapi jika penumpang juga membawa koper besar atau barang lainnya yang harus masuk bagasi, maka penumpang yang melakukan web check in tetap harus melaporkan di konter maskapai di bandara untuk memasukkan bagasinya, tentunya harus hadir paling lambat satu jam sebelum boarding.

Di sejumlah bandara menerapkan aturan bahwa penumpang yang sudah melakukan web check in juga tetap harus menukarkan boarding pass versi web ke versi biasa, jadi sebaiknya penumpang harus aktif bertanya di setiap konter maskapai di bandara.

Ketentuan lainnya adalah meskipun sudah melakukan web check in, penumpang diharuskan sudah siap dan berada di bandara 45 menit sebelum keberangkatan karena maskapai berhak meninggalkan penumpang yang terlambat setelah tiga kali dilakukan pemanggilan dan tidak masuk pesawat.

Penting untuk diperhatikan bahwa web check in tidak berlaku untuk

  1. Penumpang yang bepergian dengan bayi
  2. Penumpang sedang hamil
  3. Penumpang berusia kurang dari 16 tahun dan bepergian sendiri
  4. Penumpang difabel
  5. Penumpang yang sedang sakit atau terikat dengan penanganan medis

Happy traveling ya..




EmoticonEmoticon