Tuesday, December 5, 2017

Mempercantik Rumah dengan Daur Ulang Perabot Dapur

Ternyata mempercantik rumah bisa dilakukan dengan mendaur ulang perabotan dapur. Ini sangat menghemat biaya dan jika dilakukan dengan kreatif maka hasilnya akan sangat cantik dan maksimal.


Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa anda lakukan dalam mempercantik rumah menggunakan perabot dapur yang didaur ulang.

1. Botol Selai

Di rumah anda pasti tidak ketinggalan produk makanan yang dinamakan selai. Rata-rata kemasan produk ini berbahan kaca dan mempunyai tutup yang sangat rapat. Anda bisa menggunakannya kembali sebagai tempat bumbu dapur yang kering seperti biji pala ataupun lada. Caranya sangat mudah:

  • Cuci bersih botol dan lepaskan stikernya dengan cara merendamnya di dalam air sabun. Keringkan setelah bersih.
  • Jika anda suka, hiaslah botol dengan cat khusus kaca dengan gambar dan motif yang unik
  • Anda juga bisa memberikan label sesuai dengan nama bumbu yang akan disimpan di dalam botol tersebut


2. Besek Bambu

Biasanya tempat ini adalah bekas selamatan ataupun bekas tempat tape atau makanan oleh-oleh contohnya dimsum. Besek bisa dimanfaatkan  untuk tempat bawang merah dan bawang putih

3. Lazy Susan

Benda yang bisa diputar ini dapat dipakai dan berguna sebagai pemutar. Sudah pasti benda ini jarang digunakan sehingga bisa dimanfaatkan dengan menempatkannya di dalam lemari agar anda mudah dalam mengambil barang yang anda cari diatas lazy susan dengan cara memutar.

4. Talenan Kayu

Talenan kayu yang sudah usang pasti ada di rumah anda. Jika anda kreatif, maka jangan dibuang karena dapat anda gunakan untuk tempat resep andalan. Caranya adalah sebagai berikut:
Bersihkan talenan kayu yang sudah usang dengan amplas kayu agar bersih dari lumut atau warna hitam sehingga muncul lagi warna kayunya setelah diamplas
Lukis permukaan talenan semenarik mungkin dengan gambar dan motif yang anda suka
Berilah paku pada bagian tengah untuk menempelkan koleksi resep yang dicetak dari berbagai situs atau sumber andalan anda
Setelah itu gantung talenan resep tersebut di salah satu sisi dinding yang mudah terlihat.

5. Botol Kaca Bekas Sirup

Botol-botol ini juga bisa didaur ulang menjadi vas bunga yang cantik. Setelah anda bersihkan dan keringkan, anda bisa cat botol kaca tersebut dengan warna-warna favorit anda. Setelah jadi, anda bisa meletakkan sekuntum bunga untuk memperindah ruangan anda.

Itulah beberapa barang-barang bekas di dapur anda yang bisa dimanfaatkan kembali dengan cara daur ulang sehingga anda bisa ikut menjaga lingkungan dan juga ada kepuasan tersendiri karena barang-barang yang anda buat dan kreasikan bisa mencerminkan karakter tuan rumah. Tentunya masih banyak lagi barang-barang yang bisa anda daur ulang yang belum dibahas di tulisan ini yang bisa anda kreasikan.



EmoticonEmoticon