Tuesday, October 10, 2017

Berwisata ke Desa Jodipan Kota Malang

Desa Jodipan adalah sebuah kampung warna warni yang sedang viral di berbagai media sosial. Lokasinya sekitar 6 kilometer dari Jalan Ijen Kota Malang. Di desa ini terdapat 87 rumah di tiga RT di RW 009 yang dibelah oleh Sungai Brantas. Tembok dan genteng rumah dicat warna warni menyala sehingga sangat menarik untuk dilihat.


Semula kampung ini dikenal kumuh di kota Malang. Sekarang sudah mempunyai wajah baru dan terkenal dengan kampung warna warni. Sepanjang mata memandang, bahkan di lorong-lorong kampung juga disuguhi harmoni warna warni yang indah. Di lantai dan tembok dihiasi beragam gambar. Keramahan warga kampung juga membuat betah para pengunjung kampung ini untuk berlama-lama.

Perubahan wajah kampung ini tidak akan terjadi jika tidak ada ide cemerlang dari para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kelompok Guyspro. Mereka menggaet perusahaan cat PT. Indana Paint untuk mengecat semua rumah selama satu setengah bulan. Cat yang dibutuhkan sekitar 2,5 ton. Semua tenaga pengecatan sudah disiapkan oleh mereka dan warga hanya membantu kecil-kecilan.

Kampung di Desa Jodipan ini sekarang sudah mendunia dan ramai pelancong datang dari berbagai penjuru. Pada hari libur atau akhir pekan, jumlah pengunjung bisa mencapai 700 orang. Mereka dikenai tarif sebesar 2.000 rupiah per orang. Uang ini digunakan warga untuk membayar petugas kebersihan dan mengecat beberapa mural di tembok. Kalau sudah berkunjung di Desa Jodipan ini pasti anda akan betah, apalagi disini banyak sekali spot-spot yang sangat instagrammable.

Selamat jalan-jalan ya. Berikut adalah peta menuju Desa Jodipan Malang




EmoticonEmoticon