Tuesday, September 5, 2017

Inilah Gedung Baru Samsat Kota Bekasi di Bulak Kapal

Bagi anda warga Kota Bekasi, sekarang kantor Samsat sudah menempati gedung barunya di daerah Bulak Kapal Bekasi. Kantor ini merupakan pembaharuan dari gedung lama di Jl. Ahmad Yani. Di gedung baru ini menempati lahan yang cukup luas dibandingkan gedung lama sehingga bisa menampung parkir kendaraan baik mobil maupun motor yang ingin mengurus STNK.

www.infoserbaserbi.com

Jika dibandingkan dengan gedung lama, pelayanan STNK untuk mibil dan motor di gedung baru berada dalam satu lantai yaitu lantai dasar. Jika gedung lama dipisahkan tempatnya yaitu lantai 2 untuk motor dan lantai 3 untuk mobil. Begiu juga loket penyerahan STNK yang sudah jadi juga berada di lantai yang sama sehingga bisa dibayangkan betapa ramainya di lantai tersebut.

Untuk pelayanan cek fisik kendaraan sudah mempunyai tempat yang cukup representatif sekaligus loketnya juga berdekatan terpisah dengan gedung yaitu diluar gedung. Di gedung ini di bagian belakang juga ada kantin yang menyediakan bermacam makanan bagi masyarakat yang mengurus STNK. Di dekat kantin terdapat pelayanan foto copy.

Dari pengamatan kami, pemindahan kantor Samsat Kota Bekasi ke gedung baru ini hanya sekedar memindahkan pelayanan saja tapi belum ada improvisasi peningkatan pelayanan yang bisa mengurangi antrian dan kerumunan masyarakat di dalam gedung. Misalnya pelayanan drive thru untuk pengesahan tahunan saja untuk mobil dan motor belum ada, pembayaran PKB belum sepenuhnya cashless atau melalui transaksi elektronik yang kami yakin sangat membantu memudahkan para wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan. Sejauh kami tahu, layanan transaksi elektronik hanya bisa dilakukan di bank BJB saja sehingga perlu diperbanyak kerjasama dengan bank lain yang lebih besar karena tidak semua orang mempunyai rekening bank BJB sehingga nantinya lebih banyak wajib pajak yang bisa dengan mudah melakukan pembayaan pajak kendaraan.

Jika improvisasi pelayanan tadi sudah dilakukan maka sudah pasti antrian dan kerumunan para wajib pajak akan berkurang karena yang datang ke kantor hanya mengurus pajak lima tahunan dan juga pembaharuan data saja. Apalagi jika membayar pajak bisa disemua tempat dengan transaksi cashless atau elektronik seperti  dengan hanya menyebutkan nomor polisi kendaraan, sudah pasti sangat memudahkan masyarakat.

Semoga artikel ini bisa membantu peningkatan kualitas pelayanan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan sehingga masyarakat menjadi semakin mudah dalam bertransaksi dan tidak terlalu banyak keluar biaya perjalanan.





EmoticonEmoticon