Friday, July 21, 2017

Pertumbuhan Rambut Normal Pada Bayi

infoserbaserbi.com

Dalam kandungan, pertumbuhan rambut pada janin dimulai sekitar usia 8 - 12 minggu kehamilan. Rambut tumbuh di semua bagian tubuh kecuali di bibir, telapak tangan, dan telapak kaki dengan panjang dan ketebalan yang berbeda.

Ada tiga fase pertumbuhan rambut. Anagen adalah fase ketika rambut bertumbuh. Katagen adalah suatu fase peralihan sebelum masuk ke fase istirahat yaitu fase telogen. Rambut kemudian gugur di akhir fase telogen sebagai rambut mati. Dalam kandungan, siklus ini telah berlangsung dan bayi lahir biasanya dengan rambut di kepala yang banyak dan tebal.

Rambut yang terbentuk dalam kandungan ini biasanya akan gugur dalam enam bulan pertama. Kemudian akan tumbuh rambut baru yang sifatnya permanen dan mengikuti siklus pertumbuhan rambut yang secara alamiah. Pada awalnya rambut akan telihat tipis setelah gugur di akhir masa telogen, karena beberapa bayi tidak langsung memasuki fase anagen yang baru. Biasanya pada usia 1,5 - 2 tahun telah tumbuh rambut baru yang permanen.

Kadangkala rambut yang gugur pada bayi membentuk pola tertentu atau hanya bagian tertentu saja, misalnya di belakang kepala. Ini masih dianggap normal pada bayi usia kurang dari 6 bulan. Apabila bayi mengalami hal ini, perhatikan pada sisi mana ia lebih banyak tidur atau apakah ada kebiasaan tertentu, seperti menarik rambut atau membenturkan kepala. Hal ini dapat mempercepat gugurnya rambut. Anda dapat mengurangi kecepatan gugurnya rambut dengan mengubah posisi tidur bayi. Tidak ada obat khusus untuk mempercepat tumbuhnya rambut baru.

Beberapa kerontokan rambut pada bayi, walaupun jarang terjadi, dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, misalnya infeksi kulit akibat jamur atau gangguan hormon. Konsultasikan kepada dokter anak anda apabila bayi mengalami kerontokan rambut hebat setelah berusia lebih dari 6 bulan.

Beberapa bayi sejak lahir memiliki rambut yang sangat halus, sehingga terlihat seperti gundul. Hal ini masih dapat normal. Namun, apabila ada keraguan silahkan konsultasi dengan dokter anak anda. Bayi yang memiliki rambut sangat tipis ini biasanya pertumbuhan rambutnya yang agak tebal baru akan terjadi setelah berusia satu tahun.

Untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut bayi yang sehat, jagalah kebersihan dan kesehatan kulit kepala bayi dengan menggunakan shampoo khusus bayi yang lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala bayi. Beberapa bayi memiliki kerak pada kulit kepala yang sering disebut cradle cap. Cara membersihkannya adalah lakukan gerakan memijat berputar secara lembut selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas dengan air bersih. Sisa kulit yang menempel di rambut dapat disisir secara perlahan. Kerak cradle cap akan berangsur menghilang seiring berjalannya waktu.

Rambut yang sehat  tidak terlepas dari pemenuhan  nutrisi lengkap dan seimbang. Bayi hingga usia enam bulan mendapat cukup nutrisi dari ASI. Ketika bayi mulai diberi makanan pendamping ASI, sangat penting untuk memperhatikan  kecukupan makro dan mikro nutrien. Dengan kecukupan kebutuhan nutrisi dan perawatan kulit kepala yang baik, diharapkan bayi dapat memiliki rambut yang sehat juga.

Sumber: Ikatan Dokter Anak Indonesia


EmoticonEmoticon