Tuesday, July 18, 2017

Inilah Komponen Avanza Yang Harus Diperhatikan Pada 30 Ribu Sampai 100 Ribu Kilometer

Toyota Avanza adalah mobil sejuta umat yang sangat fenomenal karena penjualannya yang seperti kacang goreng karena saking larisnya. Begitu juga karena saking gampangnya perawatan dan suku cadangnya serta irit bahan bakar sehingga membuat harga jual kembalinya yang masih sangat tinggi.


Pastinya belum ada mobil sefenomenal Avanza yang memang sudah sejak hampir satu dekade melenggang sendiri di kelasnya tanpa pesaing. Saat ini Avanza sudah ada pesaing yaitu Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Nissan Livina, Ford Ecosport, bahkan mobil produksi Tiongkok pun sudah menantangnya yaitu Wuling. Tapi Avanza masih tetap memimpin pasar low MPV dengan beberapa kali berganti model untuk dapat mempertahankan predikat pemimpin pasar low MPV.


Nah, sekarang apa saja yang harus diperhatikan para pemilik Avanza dalam merawat mobilnya antara 30 ribu sampai 100 ribu kilometer? Sudah pasti yang utama adalah jangan lupa service rutin di bengkel resmi Toyota agar kondisi Avanza anda selalu dalam keadaan fit dan terkontrol.


Pertama kali yang paling sering terjadi kerusakan adalah motor fan. Saran dari Auto2000 adalah motor fan diganti setiap 30 ribu kilometer. Alasan utama adalah komponen ini sangat penting karena berfungsi sebagai pendingin mesin sehingga jika komponen ini mengalami kerusakan maka berakibat mesin panas dan akhirnya mengeluarkan asap di bagian radiator karena overheating. Anda pasti sering melihat mobil keluar asap dari kap mesin di pinggir tol, tidak nyaman bukan? Untuk itu gantilah sesuai saran bengkel resmi agar terhindar dari kerusakan tersebut, apalagi jika anda sering menyalakan ac mobil ketika berhenti alias parkir, sudah jelas akan semakin mempercepat umur motor fan tersebut. Dahulu memang disarankan setiap 60 ribu kilometer untuk diganti motor fan, akan tetap banyak kasus kerusakan motor fan sebelum 60 ribu kilometer dan setelah diselidiki ternyata banyak pemilik Avanza menyalakan mesin mobil ketika parkir atau berhenti yang sudah jelas tidak terhitung kilometernya. Karena kejadian tersebut bengkel resmi kemudian merubah saran untuk mengganti motor fan pada 30 ribu kilometer untuk mengantisipasi kerusakan motor fan terutama bagi mobil yang sering menyala ketika parkir.


Komponen kedua yang disarankan untuk diperhatikan adalah kopling. Untuk bagian ini disarankan oleh bengkel resmi untuk diganti setiap 75 ribu kilometer. Hal ini untuk mengantisipasi bagi para pengemudi Avanza terutama tipe manual yang cara mengemudinya salah yaitu sering meletakkan kaki di pedal kopling ataupun sering tidak melepaskan kopling secara penuh ketika mobil berjalan. Cara mengemudi ini sudah pasti salah besar karena akan berakibat pelat kopling akan cepat habis sehingga mobil tidak mempunyai tenaga bahkan jika sudah parah mobil tidak bisa berjalan ketika akan dikendarai karena plat kopling sudah habis. Pokoknya ciri utama mobil anda yang harus diganti koplingnya adalah jika berjalan dengan kecepatan maksimal alias mentok di 80 kpj maka harus segera diganti. Namun jika kecepatan maksimal bisa 110 sampai 120 kpj maka plat kopling belum perlu diganti. Idealnya sesuai saran dari bengkel resmi yaitu diganti setiap 75 ribu kilometer agar performa mesin tetap terjaga.


Komponen ketiga adalah kaki mobil. Pemilik Avanza mungkin sering mendengar bunyi duk.. duk.. duk di bagian belakang ataupun depan. Apalagi ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi mobil terasa oleng alias ngepot alias ngebuang ke kanan atau kiri. Nah, itu tandanya sudah harus memeriksa kaki mobil. Komponen bagian belakang yang sering rusak adalah karet lateral bushing karena memang sudah umjrnya harus diganti, apalagi jika sering melewati jalanan yang rusak dan keriting. Jika di bagian depan kadang ada bunyi duk.. duk juga bisa jadi kerusakan ada di karet stopper shockbreaker yang sudah aus atau ada kemungkinan ada kebocoran di shockbreaker sehingga harus  ada penggantian shockbreaker agar mobil stabil dan nyaman dikendarai. Kemungkinan lain adalah jika mobil anda agak oleng jika dikendarai karena karena karet tie rod yang sudah pecah, maka perlu diganti agar performa kembali normal.


Komponen keempat adalah engine mounting. Biasanya ketika mobil Avanza sudah berjalan 100 ribu kilometer, mesin akan terasa kasar di bagian kompartemen. Hal itu disebabkan karena engine mounting yang sudah pecah. Ketika anda melakukan service berkala 100 ribu kilometer maka komponen ini akan diperiksa oleh mekanik dan jika ditemukan pecah maka disarankan untuk diganti karena komponen ini sangat penting untuk menopang mesin di kompartemen sehingga getaran mesin akan diredam, jika engine mounting pecah maka getaran mesin tidak teredam sehingga terasa kasar.


Itulah keempat komponen yang harus diperhatikan dan diganti untuk mobil Avanza anda, mungkin juga berlaku untuk mobil lain selain Avanza karena pada prinspnya kinerja mesin mobil adalah sama semua, yang membedakan adalah cara mengemudi apakah salah atau betul, makin seringnya mesin menyala baik itu pada waktu berjalan atau berhenti di parkiran dalam kondisi mesin menyala karena AC, dan juga umur kaki mobil yang memang harus sudah diganti karena usia pakai.


Keep safety riding ya..



EmoticonEmoticon