Tuesday, May 23, 2017

Mengganti Air Radiator Avanza Yang Benar

Tags

Mengganti Air Radiator Avanza Yang Benar

Sistem pendinginan mesin memegang peranan yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Sistem pendinginan ini berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap pada suhu kerja yakni sekitar 90 derajat celcius. Hasil pembakaran di dalam silinder akan menghasilkan panas. Nah air yang berada didalam sistem pendinginan berfungsi untuk mengambil panas tersebut dan membuangnya di udara.

Apabila sistem pendinginan tidak berfungsi secara optimal, maka tentu dampaknya mesin akan mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Jika hal tersebut sampai terjadi, tentu saja akan berimbas pada rusaknya beberapa komponen mesin. Oleh sebab itu perawatan berkala pada sistem pendinginan perlu dilakukan salah satunya adalah mengganti air radiator mobil secara berkala.

Cara mengganti air radiator mobil avanza atau mobil lainya sebenarnya cukup mudah karena tidak menggunakan peralatan khusus, jadi anda bisa melakukanya dirumah. Mungkin diantara anda pernah mengalami radiator yang mampet. Hal ini dipicu karena pada kisi-kisi radiator dipenuhi oleh endapan atau kotoran. Agar tidak terjadi demikian, sebaiknya kuras air radiator dan ganti dengan yang baru secara rutin.

Apabila mobil anda kerap digunakan, sebaiknya lakukan setiap enam bulan sekali. Agar endapan-endapan pada radiator tersebut bisa hilang maka lakukan flushing radiator menggunakan produk-produk radiator flusher yang banyak dijual di pasaran. Beberapa produk yang biasa digunakan seperti merek dobelli, master, prestone dan lain sebagainya. Radiator flusher tersebut berguna untuk merontokan deposit yang menempel terutama di kisi-kisi radiator.

Simak langkah-langkah cara mengganti air radiator mobil dan juga cara melakukan flushing berikut ini.

  1. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin. Siapkan air radiator baru (radiator coolant), radiator flusher, ember dan kunci untuk membuka baut tap.
  2. Buka tutup radiator yang terdapat di atas radiator lalu buang sedikit airnya dengan membuka baut pembuangan yang berada di bagian bawah. Buang air radiator kira-kira 200 sampai 300 ml saja.
  3. Kencangkan baut pembuangan tadi lalu tuangkan radiator flush melalui lubang masuk dibagian atas. Pasang tutup radiator dan hidupkan mesin kurang lebih 15 menit. Biarkan radiator flush bekerja untuk mengikis deposit yang ada di saluran pendingin.
  4. Apabila sudah, matikan mesin dan tunggu sampai mesin dingin. Buang seluruh air radiator dengan cara membuka baut pembuangan lagi. Jika sudah pasang kembali baut pembuangan tersebut.
  5. Tuangkan radiator coolant yang baru sampai penuh dan isi juga tabung reservoirnya.
  6. Hidupkan mesin lagi agar cairan pendingin bisa merata ke seluruh bagian. Apabila didapati volume radiator berkurang, isi lagi dengan radiator coolant sampai penuh.
  7. Agar tidak terdapat gelembung udara dalam sistem, buka tutup bleeding udara sampai coolant keluar.

Itulah cara mengganti air radiator mobil avanza atau lainya. Cukup mudah bukan? kini mobil anda sudah siap untuk digunakan baik untuk pergi ke kantor atau untuk menempuh perjalanan yang jauh tanpa khawatir mengalami overheat.

Keep safety riding ya.
 



EmoticonEmoticon