Wednesday, May 3, 2017

Kenapa Kendaraan Begitu Banyak Di Jalan Tapi Tidak Bergesekan?

Tags

seneng-kendaraan.blogspot.com

Pertanyaan itu mungkin sering timbul di benak kita ketika sedang melakukan perjalanan baik menggunakan mobil maupun motor. Apalagi ketika terjadi macet di jalan, pasti ada yang terkagum-kagum sehingga akan timbul pertanyaan, kenapa bisa tidak saling bertabrakan atau bergesekan. Kita simak paparan berikut ini.

Setelah diselidiki dan diamati, ternyata ketika kita mengendarai kendaraan pada waktu macet walaupun terlihat sangat mepet dan dekat antara kendaraan satu dengan yang lainnya ternyata masih ada jarak sekitar 1 meter yang tadinya kita anggap sudah sangat mepet. Ini adalah hukum alam karunia Tuhan bahwa ketika pandangan manusia menganggap itu sudah harus berhenti karena hampir menabrak, masih ada ruang sehingga terhindar dari bertabrakan maupun bergesekan.

Jika anda kurang yakin, silahkan amati ketika anda sudah merasa mepet dengan mobil di depan anda ternyata ada sepeda motor jenis bebek atau skutic yang masih bisa menyelinap di depan kita. Ini menunjukkan bahwa masih ada ruang sekitar 1 meter sehingga pasti tidak akan terjadi tabrakan.

Begitu juga ketika kita mengendarai mobil di jalan tol dengan kondisi ramai lancar yaitu kecepatan 20 - 30 km per jam, terlihat jarak antara mobil kita dengan mobil di depan kita masih ada ruang sekitar 4 meter walaupun penglihatan kita nampak bahwa jaraknya sudah sangat dekat. Hal ini bisa dibuktikan ketika ada mobil dari jalur samping kita yang bisa berpindah jalur ke depan kita. Ketika mereka memotong sudah pasti ada sekitar 2 meter jaraknya di depan kita sehingga akan terhindar dari saling bertabrakan.

Namun demikian, ketika kita berjalan dengan kecepatan tinggi, yang harus digunakan adalah feeling kita dan kesadaran kita agar berkendara dengan sopan santun dan sesuai aturan rambu lalu lintas sehingga tidak membahayakan pengendara lain dan juga diri sendiri. Tetap jaga jarak aman agar tidak terjadi tabrakan beruntun karena jarak yang terlalu dekat ketika kecepatan tinggi.

Jadi ketika kita mengemudikan kendaraan, walaupun kita tidak mengatur jarak dengan mobil di depan kita, ternyata alam dan Tuhan sudah memberikan karunia berupa indera kepada kita yang berbentuk insting seperti ulasan diatas yaitu jarak yang tidak pernah kita perhitungkan. Meskipun demikian kita semua tetap diharuskan menjaga jarak untuk kepentingan bersama yaitu agar kita semua tetap selamat sampai tujuan.

Keep safety riding ya.



EmoticonEmoticon