Wednesday, May 10, 2017

Begini Cara Memilih Roof Box Mobil Anda

Tags


Saat mudik ke kampung halaman biasanya membawa barang-barang yang begitu banyak. Nah agar aman, anda bisa menggunakan Box Roof Rack, itu lho kotak yang diletakan diatas mobil untuk menyimpan barang. Selain lebih aman, kabinpun tidak dipenuhi barang bawaan sehingga anda bisa melakukan perjalanan dengan nyaman. Desain Box Roof Rack sekarang sudah dibuat aerodinamis sehingga tidak mengganggu kestabilan mobil meski dipacu dengan kecepatan tinggi.

Jika anda tertarik untuk mengaplikasikan Box Roof Rack ini tentu harus teliti pada saat memilihnya, sesuaikan dengan kebutuhan serta keuangan anda. Dari pada menyesal dikemudian hari, karena harganya tidaklah murah bahkan ada yang sampai belasan juta untuk satu paketnya yang meliputi roof rail, wings dan box. Jika mobil anda belum terpasang roof rail maka harus dipasang dulu yang bisa anda dapatkan dengan kisaran harga Rp 1 jutaan hingga Rp 4 juta. Nah selanjutnya untuk memasang boxnya diperlukan roof rack. Salah satu merek roof rack adalah rhinorack yang dijual seharga sekitar Rp 2.750.000,-

Jika roof rack sudah terpasang, kini tinggal memilih box yang tepat untuk mobil anda. Sebenarnya dipasaran banyak sekali merek dan bentuk box, tinggal anda sesuaikan saja dengan selera dan budget. Misalnya merek Hapro saja tersedia beberapa seri, untuk yang paling besar yakni Carver 6.5 memiliki kapasitas 430 liter sedangkan untuk seri yang paling tinggi adalah Zenith 6.5 dengan ukuran yang lebih tipis sehingga kapasitasnya menjadi 390 liter. Baik carver maupun zenith memiliki beban maksimum 75 kg. Keduanya sebenarnya memiliki harga yang tak jauh beda yakni antara 11-12 juta.

Jika anda memilih harga box yang murah, hapro juga memiliki produk entry level yakni seri Roady 350 yang hanya dibanderol Rp 3.750.000,- . Bahkan kalau sedang promo bisa anda dapatkan seharga Rp 3 juta. Kapasitas memang lebih kecil dibanding carver dan zenith yakni hanya 300 liter saja dan memiliki beban maksimum 50 kg. Selain hapro ada juga merek Thule yang memiliki 5 seri yakni ocean, pacific, motion dinamik, serta excellent. Harga yang paling murah adalah seri ocean yakni Rp 4,2 juta, sedangkan seri excellent mempunyai harga yang fantastis yakni Rp 22,7 juta.

Itulah beberapa harga box dan roof rack serta perlengkapan lainya yang bisa anda gunakan untuk menaruh barang-barang untuk mudik. Jika anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh tidak ada salahnya untuk memasang box dan roof rack untuk menaruh barang bawaan. Dengan demikian perjalanan anda bisa menjadi lebih nyaman dan aman.


Pengetahuan pertama yang harus diketahui adalah beban maksimal yang dapat diangkut oleh kendaraan tersebut. Biasanya para pabrikan jarang sekali memberikan spesifikasi secara detil mengenai beban maksimum yang bisa ditampung atap mobil. Namun untuk beberapa jenis mobil SUV biasanya telah dilengkapi dengan roof rail yang desain dan fungsinya sudah disesuaikan dengan mempertimbangkan berat beban di atap.



Cara Memilih dan Memasang Roof Box Terbaik Pada Mobil 

Jika anda ingin memasang roof box di mobil, terlebih dahulu harus menghitung secara matang faktor-faktor yang mempengaruhi daya angkut maksimal kendaraan anda. Sebagai contoh misalnya mobil yang akan dipasangi roof box itu adalah Toyota Kijang Innova bermesin diesel, dengan memiliki gross weight 2.300 kilogram dan kreb weight sebesar 1.700 kg berarti beban yang bisa diangkut oleh mobil ini hanya sebesar 600 kg, yang didapat dari hasil pengurangan gross weight dengan kreb weight.

Angka 600 kg tersebut sudah termasuk berat seluruh penumpang yang ada di dalam mobil. Jadi misalkan jika mobil Innova tersebut diisi penuh oleh 7 orang dewasa dengan berat badan rata-rata sebesar 60 kg, maka jumlah bobot penumpang saja sudah mencapai 420 kg. Ini berarti jatah beban untuk mengangkut barang hanya tersisa sebesar 180 kg, angka tersebut kemudian dikurangi lagi oleh berat roof box dengan cross bar-nya, misalkan totalnya mencapai 20 kg, berarti anda bisa membawa barang seberat 160 kg. Lain lagi jika jumlah penumpang dikurangi, daya tampung untuk barang bisa lebih banyak, nah angka inilah yang harus dihitung secara cermat oleh para pemilik mobil yang akan menggunakan roof box di atas mobilnya.

Penggunaan roof box ini akan mempengaruhi struktur rangka atap mobil. Jika beban terlalu berat hal ini bisa membuat atap penyok, selain itu juga mempengaruhi sisi keamanan mobil karena dengan bertambahnya beban di atasnya faktor stabilitas dan aerodinamikanya juga jadi menurun. Sebagai catatan, kriteria roof box yang aman yakni yang memiliki kapasitas angkut sebesar 490 liter dengan berat barang maksimum 75 kg.

Desain roof box yang baik harus bisa mengurangi hambatan udara. Ukuran ideal roof box yang bagus yakni memiliki lebar 90-95 cm dengan tinggi antara 35-45 cm. Dimensi tersebut berguna untuk menjaga aerodinamika, jadi kalau misalnya kapasitas kargonya semakin besar maka seharusnya bentuk roof box tersebut semakin rendah dan ramping dengan ukuran yang memanjang.

Berikut ini kriteria roof box yang baik dan sesuai dengan beban maksimum mobil :
  1. Pemilihan roof box bisa disesuaikan dengan jumlah penumpang yang sering ikut berkendara di dalam mobil. Seperti misalnya untuk mobil Honda CR-V atau Nissan X-Trail dengan daya angkut 5-6 orang penumpang cukup menggunakan roof box dengan kapasitas 300 liter. Itu sudah memberikan beban cadangan untuk 6 tas fitness dan sebuah kargo berukuran tujuh inchi. Untuk mobil 7-seaters bisa memilih roof bok berkapasitas 400 liter.
  2. Pilihlah roof box yang terbuat dari bahan plastik ABS, material ini selain kuat juga tahan air. Bobotnya bisa berkisar antara 10-15 kilogram.
  3. Pastikan roof box yang dipilih sudah memiliki lapisan anti sinar Ultra Violet, sehingga permukaannya tidak mudah kering dan pecah-pecah.
  4. Untuk mobil yang tidak memiliki roof rail seperti sedan, perhitungkan juga mengenai berat cross bar dan pastikan pemasangannya melekat sempurna di atap mobil, jangan sampai terdapat celah yang dapat membuat air hujan masuk.
  5. Untuk mobil-mobil berkategori LCGC seperti Datsun Go+, Toyota Agya, Honda Brio, Karimun Wagon-R dan Daihatsu Ayla, sebaiknya tidak memaksakan memasang roof box karena dengan bobot kosongnya yang hanya 1.000 kg penggunaaan roof box akan sangat riskan mempengaruhi tingkat safety-nya. Sebagai solusinya penempatan di atap mobil bisa dengan menggunakan cross bar universal.
  6. Penempatan barang pada roof box sebaiknya dipilih dengan bobot yang ringan, seperti tas baju, dokumen kertas dan sebagainya.
Keep safety riding yaa..

Sumber: Autobild


Contoh cara memasang roof rail atau roof rack

Contoh cara memasang box


EmoticonEmoticon