Thursday, May 4, 2017

Begini Cara Mematikan Mesin Mobil Yang Benar

Tags


Memiliki kendaraan roda empat ternyata bukan hanya sekedar bisa mengendarainya, tapi harus mengerti bagaimana cara memperlakukannya, agak mobil awet. Salah satu yang penting yaitu cara mematikan mobil dengan benar.

Beberapa pemilik mobil memiliki kebiasaan untuk menginjak pedal gas dan ‘menggeber’ mesin mobil sebelum memutar kunci kontak untuk mematikan mesin mobil. Kebiasaan ini dilakukan dengan alasan untuk menjaga agar aki mobil tetap memiliki daya pada dinamo starter. Sehingga, jika akan menghidupkan mesin kembali menjadi mudah untuk dilakukan.

Kecenderungan untuk menggeber mesin sebelum mematikan mesin mobil justru dapat mengakibatkan mesin mobil lebih cepat rusak. Jadi hindari mematikan mobil saat putaran mesin masih tinggi. Sebaiknya tunggu terlebih dahulu hingga rpm mobil stabil. Kemudian hindari kebiasaan menarik gas ketika akan mematikan kendaraan.

Karena saat putaran tinggi, mesin butuh pelumasan yang lebih, dan ketika mesin dimatikan tiba-tiba, maka tekanan untuk pelumasan mobil akan berkurang drastis, padahal mesin masih dalam kondisi panas, yang harusnya masih membutuhkan sistem pelumasan.


Saat kondisi mesin panas dan digeber tersebut, komponen mesin ada dalam kondisi tinggi dan kondisi yang masih mengembang. Dinding-dinding komponen juga saling bersentuhan dan bergesekan dengan cepat. Ketika mesin mati, maka suplai pelumas juga akan berhenti. Efeknya, gesekan dan sentuhan antar komponen menjadi lebih keras dan mengakibatkan komponen menjadi lebih cepat aus. Ibaratnya, ketika kita sedang berlari kencang, tiba-tiba dijegal dan dipaksa untuk berhenti. Kondisi tersebut tentu akan membuat kita cidera bukan?

Agar mesin dapat lebih awet, maka mulailah untuk memiliki kebiasaan mengurangi beban kerja mesin sebelum mesin mobil dimatikan. Menunggu hingga mesin memasuki putaran normal yang stabil, barulah putar kunci kontak mobil ke posisi off.

Jika tidak dalam kondisi darurat, sebaiknya sebelum mematikan mesin mobil, maka matikan terlebih dahulu semua fitur yang ada pada mobil anda. Contohnya adalah mematikan AC, lampu-lampu dan juga sistem audio. Dengan cara ini, maka beban kerja mesin akan berkurang dan memasuki posisi kerja normal. Barulah anda dapat dengan aman mematikan mesin mobil anda.

Keep safety riding ya..




EmoticonEmoticon