Monday, April 3, 2017

Meningkatkan Performa Sepeda Motor

Tags

Meningkatkan Performa Sepeda Motor


Berkendara dengan bersepeda motor merupakan kenikmatan tersendiri. Apalagi touring jarak jauh bersama teman-teman akan semakin mengasyikkan jika tunggangan kita terasa nyaman dan andal. Ada beberapa bagian motor yang dapat kita optimalkan untuk meningkatkan performa sepeda motor. Simak yang berikut ini.

1. Aki

Sebagai sumber listrik, komponen ini harus prima. Jika air aki kurang, segera tambahkan dengan air aki yang banyak dijual di pasaran. Untuk aki kering, jika kendaraan sudah sulit untuk dinyalakan segera ganti yang baru. Saat ini rata-rata kendaraan sudah memakai aki kering yang free maintenance alias bebas perawatan sehingga sudah semakin praktis.

2. Saringan Udara

Dengan membersihkan saringan udara secara berkala, udara yang masuk ke dapur pacu dapat lebih bersih sehingga pembakaran berjalan sempurna. Segera ganti saringan udara dengan yang baru jika komponen ini sobek atau usang.

3. ECU (Electronic Control Unit)

ECU adalah komponen sangat penting untuk sepeda motor dengan sistim injeksi. Periksalah secara teratur komponen ini di bengkel resmi agar pembakaran di ruang bakar berjalan optimal.

4. Busi

Jangan malas untuk memeriksa komponen yang satu ini. Minimnya perawatan busi akan membuat jarak antar elektroda pada busi tidak presisi. Akibatnya, pembakaran di kedua kutub tidak sempurna.

5. Bahan Bakar

Gunakan bahan bakar sesuai anjuran pabrik. Khusus untuk sepeda motor jenis injeksi biasanya disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Ini menjadi salah satu upaya meminimalkan tersumbatnya lubang injektor.

Keep safety riding ya.



EmoticonEmoticon