Monday, April 3, 2017

Mengantisipasi Kebakaran Mobil

Tags

Mengantisipasi Kebakaran Mobil


Tidak jarang terlihat kendaraan mengeluarkan asap dan terbakar di tepi jalan. Kita tidak ingin kejadian yang menjadi momok setiap orang tersebut menimpa diri kita saat berkendara. Untuk itu, perhatikan hal-hal berikut untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran pada mobil.

1. Service Berkala

Dengan melakukan service berkala secara teratur di bengkel terpercaya, kondisi komponen penting seperti kabel  dan perangkat kelistrikan lainnya dapat terus terjaga. Mengganti sistem kelistrikan yang usang dapat meminimalkan terjadinya korsleting atau hubungan arus pendek.

2. Waspada Benda Mudah Terbakar

Sebisa mungkin hindari menyimpan bahan bakar di dalam kabin, atau cairan semprot yang mengandung aerosol. Menyimpan cairan mudah terbakar di dalam mobil yang terpapar sinar matahari dapat memicu terjadinya kebakaran.

3. Hati-hati Saat Memodifikasi

Memodifikasi mobil memang memberikan kepuasan tersendiri. Namun, alangkah baiknya, selain menggunakan suku cadang asli, berkonsultasi dahulu dengan pihak pemegang merek atau bengkel resmi. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan pada sistem kelistrikan.

4. Periksa Kap Mesin

Biasakan untuk selalu memeriksa kap mesin sebelum berkendara. Pastikan tidak ada sampah atau benda asing yang terdapat di ruang mesin. Perhatikan juga kabel dan cairan pada kendaraan dalam kondisi baik.

5. Asuransi

Meski harus mengeluarkan dana tambahan, mendaftarkan mobil ke pihak asuransi menjadi langkah bijaksana untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran. Pilihlah asuransi kendaraan yang baik dan terpercaya. Kemudian proses klaim yang bagus dan lancar juga harus dipertimbangkan.

Keep safety riding ya..



EmoticonEmoticon