Monday, April 17, 2017

Ketika Performa Mesin Mobil Menurun

Tags

Ketika Performa Mesin Mobil Menurun

Usia kendaraan menjadi salah satu penyebab menurunnya performa kendaraan. Lalu, apa yang dapat kita lakukan untuk mengembalikan kinerja mesin sehingga mobil tetap nyaman dikendarai? Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Semi Overhaul 

Servis kendaraan dengan cara membongkar setengah mesin ini dapat membersihkan kerak-kerak karbon sisa pembakaran yang tertimbun di ruang bakar dan katup. Dengan ruang bakar yang bersih, proses pembakaran di dapur pacu dapat lebih optimal.

2. Periksa Sistim Pengapian

Komponen-komponen pengapian seperti busi dan koil perlu diperiksa. Pastikan kondisi kedua komponen itu masih layak pakai. Jika sudah usang akibat masa pakai, jangan ragu mengganti dengan yang baru.

3. Periksa Ring Piston

Ring piston patut dicek karena tidak menutup kemungkinan komponen tersebut lemah lantaran usia pemakaian. Untuk mendapat hasil maksimal, biasanya pihak bengkel menyarankan agar dilakukan turun mesin secara total.

4. Periksa Sistim Pendinginan Mesin

Sistem pendinginan mesin, mulai dari radiator hingga kipas tak boleh luput untuk diperiksa. Kuraslah air radiator dan gantilah dengan coolant berkualitas agar cairan tersebut bekerja maksimal menjaga suhu mesin tetap dalam batas normal.

5. Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas

Bahan bakar memiliki andil terhadap performa kendaraan. Untuk itu, agar proses pengapian berjalan sempurna, gunakan bahan bakar berkualitas dengan tingkat RON sesuai anjuran produsen.

Keep safety riding ya.


EmoticonEmoticon