Friday, March 31, 2017

Pantai Tanjung Pabrik Bangka

Pantai Tanjung Pabrik Bangka


Pantai Tanjung Pabrik yang terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang secara geografis letaknya persis di balik perbukitan yang terletak di sebelah timur Pantai Siangau adalah “surga tersembunyi” di Bangka Barat. Banyak orang yang belum mengetahui adanya pantai ini. Namun, jangan salah, meskipun namanya terkesan tidak alami karena menggunakan nama pabrik yang seakan polusi dan limbah di mana-mana, di pantai ini, tidak ada satu pun bangunan besar seperti pabrik yang mengeluarkan asap dan polusi ke udara maupun limbah ke laut. Sebaliknya, pantai ini, terletak di balik sebuah bukit yang cukup tinggi, inilah mengapa Pantai Tanjung Pabrik diebut dengan “surga tersembunyi”, karena ia terletak di balik sebuah bukit, sehingga pengunjung perlu berusaha yang cukup keras untuk sampai di tempat tersebut. Selain itu, di atas bukit yang menjadi pintu masuk menuju pantai, sudah berdiri beberapa buah bangunan menyerupai semacam villa dengan bahan utama kayu.


Namun, jangan ragu dan bimbang, jika sudah sampai di Pantai Tanjung Pabrik, semua usaha itu akan terbayarkan dengan suasana pantai yang begitu sunyi. Berada di pantai yang tidak begitu panjang ini, pengunjung akan merasakan seperti di pantai pribadi. Jika ingin menenangkan diri setelah lelah menjalani rutinitas, pantai tersebut cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan kerabat untuk melakukan aktivitas seperti membakar ikan, karena “surga tersembunyi” itu begitu sepi, maka waktu bersama keluarga tidak akan terganggu oleh siapapun. Pantai tersebut juga begitu cantik dengan pemandangan menyatunya sebuah perbukitan dengan pohon kelapa yang berbaris rapi serta menjulang tinggi. Selain itu, di atas bukit juga sudah berdiri beberapa villa berbahan kayu yang terlihat alami dapat disewakan jika ada pengunjung yang ingin menginap dan bermalam di Pantai Tanjung Pabrik tersebut.

Seperti pantai di Pulau Bangka pada umumnya, Pantai Tanjung Pabrik menyajikan pemadangan perpaduan indah dari air laut yang begitu biru lagi bening, pasir pantai yang putih bersih halus bak terigu, dan tentunya berterbaran batu-batu vulkanik dengan beragam ukuran dari yang kecil hingga sangat besar serta memiliki bentuk unik betebaran di sana-sini. Hanya saja ada satu hal yang menarik dari Pantai Tanjung Pabrik ini, yakni pemandangan perpaduan antara perbukitan yang menjulang tinggi dengan batu-batu granit yang menyebar di permukaan pantai. Pantai tersebut lebih menyerupai sebuah teluk, yang membuat ombak di Pantai Tanjung Pabrik tidak terlalu besar, bahkan sangat tenang. Sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai tersebut seraya sambil berendam dan bermain di air laut yang begitu biru dan jernih. Meski demikian, para pengunjung diharapkan untuk tetap berhati-hati.

Melihat pemandangan yang begitu elok, Pantai Tanjung Pabrik sebetulnya berpotensi mendatangkan wisatawan bila dikembangkan. Sayang, akses jalan menuju pantai ini belum dilapisi aspal. Untuk bisa sampai di pantai ini, pengunjung harus melewati jalan tanah kuning yang membelah diantara perkebunan warga. Selain genangan air yang membuat jalan menjadi becek pada musim hujan, jalannya juga sempit dengan lubang menganga di sana-sini. Semoga, pemerintah daerah setempat bisa membangun jalan menuju pantai ini, agar pariwisata di Pulau Bangka bisa maju.

Selamat berlibur.





EmoticonEmoticon