Friday, March 31, 2017

Pantai Rambak Bangka

Pantai Rambak Bangka


Pantai Rambak terletak tidak jauh dari pusat Kota Sungailiat, dipantai ini anda akan dihidangkan dengan keindahan hamparan pasir putih yang luas. Di tambah bebatuan raksasa yang menjulang tinggi yang cocok dijadikan spot berfoto di pagi hari. Sunrise dipantai ini begitu memesona jika disaksikan dari tepi pantainya. Keindahan yang sempurna dari pantai, bebatuan, langit biru dan lautnya yang hijau.

Di tepi pantainya terdapat rerumputan hijau dan ditumbuhi pohon ketapang yang mulai rindang, dan terdapat belasan shelter untuk berteduh serta terdapat juga tempat berjualan makanan dan minuman sehingga anda dapat berteduh dan bersantai di pantai untuk menikmati debur ombak yang bersahabat.

Tanjung berbatu di tepi utara Pantai Rambak pasti menarik perhatian anda, dan anda dapat berdiri di atas batuannya dan anda akan berpikir bagaimana batu sebesar ini bisa berada disini? Bila berkunjung ke Pantai Rambak, jangan sampai ketinggalan untuk melihat indahnya sunrise.

Pantai Rambak dengan sempurna menggabungkan pasir luas yang lembut membentang bergabung mulus ke dalam air pirus Selat Karimata yang berkilau. Batu granit besar menonjol dari air tampak bertentangan dengan penampilan yang tenang pantai itu. Yang jelas, langit biru membentang di atas cakrawala, dihiasi secara sporadis dengan awan putih lembut.

Tepi luar pantai berkarpet rumput dan pohon rindang yang teduh. Beberapa gubuk kecil juga melapisi pinggiran pantai bersama-sama dengan warung-warung sederhana yang menjual makanan segar dan minuman dingin.

Teluk Berbatu di ujung utara pantai adalah salah satu atraksi utama membuat pengunjung bertanya-tanya bagaimana batu-batu besar seperti itu membuat jalan ke pantai ini. Terletak di pantai timur pulau, pantai Rambak adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan larut pagi untuk mengapresiasi keindahan matahari terbit di perairan.

Kuliner di Pantai Rambak

Setelah anda menikmati indahnya Matahari terbit di Pantai Rambak, kemudian menyusuri pantai yang terbentang lebih dari 3 kilometer panjangnya, Andapun bisa menyantapi makanan khas Bangka berupa kue-kue kecil, seperti otak-otak, kue wajit, talam ubi, bugis, olen-olen, singkulun, kue asin, dan kue cincin. Selain kuliner itu anda bisa mencoba telur setengah matang dibubuhi serbuk lada putih yang memiliki rasa gurih dan menyehatkan. Warung kopi di Pantai Rambak kebanyakan menawarkan menu-menu tersebut.

Kuliner khas lainnya dari Bangka adalah kerupuk yang bahannya sama persis dengan pempek Palembang yang diberi nama kemplang. Kemplang dibuat diproses dan dibuat sama dengan lempengan pempek. Yang membedakannya, saat lempengan selesai dikukus, proses pemotongan dibuat menjadi kepingan kecil kemudian dikeringkan mengunakan oven sehingga menjadi bahan dasar kerupuk kemplang. Maka dari itu anda cobalah untuk membeli kemplang Bangka yang dibuat di daerah Sungailiat.

Souvenir

Di lokasi Pantai Rambak belum terdapat tempat khusus penjual souvenir. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas pantai, anda bisa menuju kota Pangkalpinang karena disana sudah banyak toko oleh-oleh yang menyediakan cenderamata khas Bangka dan Belitung. Souvenir yang bisa anda beli berupa kerajinan bahan timah, gelang akar bahar, dan yang paling unik adalah batu satam (billitonite), yaitu batu meteor yang jatuh dari angkasa dan termasuk benda langka.

Akomodasi di Pantai Rambak

Jika anda ingin menginap di Pantai Rambak anda bisa berkemah dan mendirikan tenda disekitar pantai. Tetapi jika Anda ingin menginap di sebuah penginapan atau hotel maka anda harus menuju Kota Sungailiat yang menyediakan beberapa alternatif penginapan, berikut ini adalah daftar penginapan yang bisa anda kunjungi:
  • Parai Beach Resort & Spa, Jl. Parai Tenggiri, Sungailiat, Telp : +62 717 94888, Fax: +62 717 94000, Website: www.eljohn.co.id
  • Novilla Boutique Resort di kota Sungailiat, website: www.novillaboutiqueresort.com
  • Tanjung Pesona Beach Resort beralamat di Jl. Pantai Rebo, Sungailiat, anda bisa memesan kamar dengan mengubungi Telp. 0717 435560
  • Hotel Citra yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman, Sungailiat, dan bisa booking di nomor Telp. 0717 92494/ 93313.
  • Hotel Jati Pesona beralamat di Jl. Pantai Rebo, Sungailiat, untuk pemesanan bisa hubungi Telp. 0717 92798.

Jika anda ingin menginap di Pangkalpinang disana juga terdapat hotel berbintang seperti Aston, Novotel, dan Santika. Selain itu, dan terdapat juga penginapan lainnya seperti Hotel Jati Wisata, Grand Sabrina, Grand Mutiara, Grand Millenium Club, atau Serrata Terrace Hotel.

Aktifitas Wisata

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengabadikan foto di Pantai Rambak, karena cahaya matahari pagi di pantai ini sangatlah sempurna untuk moment berharga anda di pulau Bangka Belitung. Kegiatan lainnya bisa anda lakukan di Pantai Rambak adalah bermain dan berjalan-jalan di pantai pasir putih yang halus. Dan anda juga wajib menaiki batu yang tinggi dan anda bisa loncat dari batu ke batu untuk berolahraga dan menguji stamina dan ketangkasan. Kegiatan yang paling digemari para wisatawan adalah berenang di air dingin, pergi jogging, atau hanya bermain di pasir. Sunrise adalah waktu ketika banyak berduyun-duyun ke pantai untuk menangkap tontonan sinar keemasan matahari menusuk melalui awan dan mengalir di perairan kristal. 

Rute Perjalanan ke Pantai Rambak

Terbang ke Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, ibu kota Bangka-Belitung. Bandara domestik ini dapat diakses dari Jakarta, Batam, dan Palembang. Kota Sungailiat berjarak sekitar 34 km dari Kota Pangkalpinang atau kurang lebih menempuh waktu 1 jam perjalanan dengan mobil. Pantai Rambak bisa diakses dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan dengan berkendara dari Sungailiat. Dengan menggunakan mobil sewaan atau kendaraan pribadi dapat langsung masuk ke Pantai Rambak.

Jalur dan jalan akses ke Pantai Rambak sangat baik. Karena Bangka dan Belitung terkenal dengan kualitas jalan yang sangat mulus. Saat menuju Sungailiat, Anda akan disuguhi perkampungan yang rumahnya masih jarang melewati beberapa jembatan karena jalur ini menyusuri pesisir pantai yang menjadi hilir dari beberapa sungai besar.

Untuk menuju ke Pantai Rambak biasanya masyarakat Pulau Bangka lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Walaupun ada angkutan umum tapi sangat jarang.

Tips

  • Membawa makanan dan minuman ketika menuju ke pantai, karena tidak dijamin apakah Anda akan menemukan penjual makanan di sepanjang pantai pada hari itu.
  • Jagalah keindahan pantai agar selalu bebas dari sampah. Bawa kantong plastik untuk membuang sampah apapun.
  • Jangan lupa untuk membawa sunblock Anda karena suhu bisa cukup panas.

Selamat berlibur ya.



EmoticonEmoticon