Friday, March 3, 2017

Memilih Tempat Parkir Yang Aman

Tags

Memilih Tempat Parkir Yang Aman

Salah satu sasaran kejahatan akhir-akhir ini adalah mobil yang diparkir sehingga pemilihan tempat parkir mobil yang aman menjadi suatu keharusan bagi pemilik kendaraan. Lokasi parkir yang mempunyai cahaya terang di malam hari atau lokasi di basement atau gedung parkir merupakan pilihan lokasi yang dianjurkan agar gampang terlihat oleh penjaga parkir dan juga merupakan parkir resmi dari gedung yang paling tidak dapat dijaga dengan lebih ketat.

Hindari juga parkir di sebelah mobil yang lebih besar dari mobil anda karena untuk menghindari pencuri mobil berlindung dari mobil besar di sebelah anda tersebut untuk menutupi aksi pencuriannya.

Periksa kembali kunci mobil anda sebelum anda turun walaupun mobil sekarang sudah canggih karena jika mobil akan berbunyi jika kunci mobil masih belum terlepas dari lubang starternya. Periksa juga pintu dan jendela untuk memastikan bahwa pintu tersebut sudah terkunci dan endela sudah tertutup rapat. Kemudian jangan lupa meninggalkan karcis parkir di dalam mobil karena jika mobil anda dicuri maka pencurinya tidak mudah untuk lolos dari gerbang pembayaran parkir, paling tidak akan tertahan karena proses pemeriksaan surat-surat kendaraan.
Jika anda mempunyai kunci setir, tidak ada salahnya untuk terus memasangnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pencuri pasti akan mengurungkan niatnya untuk mencuri mobil anda jika mengetahui jika kunci setir sudah terpasang karena sudah pasti akan lebih sulit melakukan aksinya.

Untuk mobil dengan transmisi otomatis, pastikan persneling mobil dalam posisi P atau Park. Oleh karena itu jika anda parkir di pinggir jalan sebaiknya hindari parkir paralel.

Jangan pernah meninggalkan barang-barang berharga di mobil ketika parkir di tempat yang ramai, seperti laptop, ponsel, dan sebagainya. Jika memang barang-barang berharga tersebut susah untuk dibawa, sebaiknya sembunyikan barang-barang tersebut di bawah jok mobil agar tidak memancing keinginan pencuri untuk melakukan kejahatan pencurian.

Setelah kembali dan sebelum masuk mobil, ada baiknya anda memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu apakah ada yang retak atau pecah dan lain sebagainya. Periksa juga keadaan di dalam mobil, jika ada kehilangan segera laporkan kepada pihak keamanan.

Jika anda harus parkir di pinggir jalan, pastikan tidak melanggar rambu-rambu dilarang parkir di arena tersebut atau parkir liar yang dibuat oleh preman karena jika anda tinggal di Jakarta atau sedang ke Jakarta, kemudian melanggar rambu-rambu tersebut atau parkir di tempat yang liar maka dipastikan mobil anda akan diderek oleh Dinas Perhubungan dan Kepolisian dan mobil anda akan dibawa ke kantor dishub dan akan dikenakan denda pengambilan 500 ribu sehari (kalau belum berubah). Jadi pastikan anda patuh pada peraturan lalu lintas dan tidak parkir liar di pinggir jalan karena preman tidak akan bertanggung jawab jika mobil anda sudah diderek.

Langkah terakhir untuk mengantisipasi semua ini adalah mengasuransikan mobil anda. Asuransi all risk adalah pilihan yang dianjurkan karena mempunyai manfaat komprehensif jika kita mengalami kerugian ketika terjadi pencurian baik itu pencurian mobil maupun kerusakan mobil akibat aksi pencurian seperti kaca pecah dan sebagainya.

Keep safety riding yaa.