Friday, March 3, 2017

Membuat Kabin Mobil Kembali Bersih Dan Segar

Tags

Membuat Kabin Mobil Kembali Bersih Dan Segar

Kabin mobil adalah bagian yang sangat penting agar kenyamanan selalu kita rasakan ketika mengendarainya. Agar kabin mobil kita tampak bersih dan segar, kita bisa membawanya ke tempat cuci mobil atau ke salon mobil. Akan tetapi kita juga bisa melakukannya sendiriuntuk mengisi waktu senggang di akhir pekan.

Untuk membuat kabin tidak sumpek, alat yang bisa kita gunakan sangat mudah didapatkan karena banyak dijual di pasaran. Seperti, lap chamois, penghisap debu, dan cairan khusus untuk membersihkan dan mengkilapkan interior.

Untuk langkah awal, periksalah dengan seksama bagian atas mobil. walaupun jarang disentuh, bagian yang dilapisi bahan halus ini kadang-kadang terdapat noda bekas tangan. Bersihkan dengan kain halus (mikrofiber) yang telah dibasahi cairan khusus. Hati-hati mengusapnya agar bulu-bulu halus pada bagian atas ini tidak mudah rusak.
Kemudian perhatikan jejak debu di bagian dasbor yang tidak nyaman dilihat. Gunakan lap chamois untuk mengangkat kotoran yang melekat di area dasbor. Setelah kotoran hilang, keringkan segera area dasbor dengan kain halus. Jika memungkinkan, gunakan interior dressing non-silikon untuk menjaga kelembaban dasbor.

Sementara itu, interior yang dilengkapi dengan panel kayu cukup dibersihkan dengan lap chamois. Hindari menggunakan cairan yang tidak tepat karena dapat meninggalkan noda sehingga tampilan kurang bagus dilihat.

Bagian lain yang harus diperhatikan adalah jok mobil. Untuk jok yang berlapis kulit atau sejenisnya tidak terlalu sulit untuk membersihkannya. Caranya dengan menggunakan cairan pembersih khusus kulit untuk membersihkannya. Untuk jok berbahan kain atau beludru dapat dibersihkan dengan penghisap debu.

Untuk kotoran yang ada di kompartemen yang ada dibalik pintu dapat dibersihkan dengan penghisap debu. Namun, jika noda tersebut sulit dibersihkan atau membandel, gunakan cairan pembersih interior yang sekarang dapat dibeli dengan mudah  di toko-toko teknik atau asesoris mobil.

Perhatikan juga bagian bawah yaitu karpet dan juga lapisan dasar mobil. Cucilah karpet sampai benar-benar bersih dan kering. Jika tidak memungkinkan untuk dicuci, bersihkan dengan cairan khusus karpet.

Setelah semua bersih, lengkapi kabin dengan pengharum ruangan agar udara wangi dan segar dan siap menemani anda melakukan perjalanan kemanapun.

Keep safety riding yaa..


EmoticonEmoticon