Saturday, March 4, 2017

Inilah Cara Agar Perabot Aman Untuk Anak Balita Anda

Inilah Cara Agar Perabot Aman Untuk Anak Balita Anda

Anak adalah karunia dari Tuhan yang tidak ternilai harganya. Untuk itu sebagai orang tua harus betul-betul merawat mereka sehati-hati mungkin agar mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak terkecuali adalah pemilihan perabotan yang ada di rumah kita agar aman untuk anak-anak kita.

Ketika anak kita sedang belajar merangkak atau berjalan, sudah pasti mereka akan berkeliling ke seluruh sudut rumah sebagai dunia awal mereka. Tidak heran jika mereka menarik-narik taplak meja atau menyentuh benda-benda yang ada di sekelilingnya sehingga bisa membahayakan mereka.

Untuk itu pemilihan perabotan dan peralatan rumah yang cocok untuk anak-anak kita yang berumur di bawah lima tahun sangatlah penting. Jangan sampai anak kita terbentur ataupun mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh perabotan dan peralatan rumah tangga yang tidak sesuai. Nah, berikut ini perabotan yang perlu mendapatkan perhatian ketika anak kita sudah mulai aktif mengeksplore seluruh rumah kita.

Furnitur Bersudut

Furnitur seperti meja, kursi dan tempat tidur biasanya memiliki sudut yang runcing. Agar anak tidak terbentur sisi yang runcing tersebut ada baiknya kita lapisi bagian tersebut dengan busa atau kain yang tebal dan lembut untuk mencegah resiko anak terbentur.

Pada tempat tidur bisa kita lapisi dengan sprei, selimut atau bed cover untuk menutupi sudut yang runcing tersebut.

Pada meja makan juga bisa kita lapisi dengan taplak meja yang lebar dan berlapis sebagai pengganti pemakaian busa untuk menutupi sudut meja yang runcing.

Tempat Tidur

Tempat tidur sangat penting untuk diperhatikan ketika anak sudah mulai merangkak atau guling-guling. Untuk menghindari anak jatuh dari tempat tidur, hindarilah menggunakan tempat tidur yang tinggi. Sebaiknya gunakanlah tempat tidur yang rendah atau menyentuh lantai agar anak aman dari resiko jatuh dari tempat tidur.

Kabel Dan Hubungan Arus Listrik

Sembunyikan kabel yang menggantung atau yang dapat menarik perhatian anak. Kabel ini bisa anda sembunyikan dibalik lemari atau dibawah karpet agar terhindar dari perhatian anak. Kemudian pastikan stop kontak jauh dari jangkauan anak anda. Jika masih terjangkau oleh anak pastikan stop kontak tersebut mempunyai penutup khusus, bisa dari model stop kontak itu sendiri atau bisa anda tutup dengan lakban atau material apapun yang bisa digunakan untuk menutup seperti kayu, triplek dan sebagainya.

Peralatan Dapur

Usahakan peralatan dapur yang tajam seperti pisau dan sejenisnya jauh dari jangkauan anak anda. Pastikan peralatan tersebut anda letakkan di wadah khusus yang susah dijangkau anak anda atau anda letakkan di lemari khusus yang tertutup yang aman dari jangkauan anak.

Sabun Pembersih

Rasa ingin tahu yang sangat tinggi dari anak kita akan mendorong mereka untuk mencoba-coba apa yang ada di sekitar mereka. Salah satunya adalah sabun pembersih lantai, pembersih kuman ataupun pembersih piring yang terkadang bau dari sabun tersebut wanginya seperti baroma buah. Sebaiknya sabun-sabun tersebut anda simpan di tempat yang tinggi yang tidak terjangkau oleh anak. Perlu anda waspadai juga cairan pembersih serangga agar diletakkan jauh dari jangkauan anak.

Peralatan Makan

Peralatan makan yang berbentuk pecah belah seperti piring harus anda amankan dari jangkauan anak. Karena ketika anak anda sudah mulai memukul-mukul benda di sekelilingnya, maka resiko terkena pecahan piring karena dia pukul sehingga pecah misalnya akan tinggi. Jadi waspadalah terhadap barang pecah belah agar tidak terjangkau oleh anak.