Thursday, March 2, 2017

Inilah Akibatnya Jika AC Mobil Anda Tidak Dirawat

Tags

Inilah Akibatnya Jika AC Mobil Anda Tidak Dirawat

AC atau penyejuk udara di mobil adalah salah satu komponen penting untuk kenyamanan anda dalam berkendara karena dapat menyejukkan ruang kabin mobil anda. Jika perawatan penyejuk udara ini minim atau bahkan tidak pernah dilakukan secara berkala maka akan membuat kenyamanan mobil anda akan jauh berkurang. Nah, gangguan apa saja yang terjadi jika kita mengabaikan perawatan penyejuk udara di mobil? Berikut kita simak..

1. Suara Kasar

Suara kasar yang sangat mengganggu ini dapat berasal dari kompresor yang rusak. Kerusakan kompresor ini disebabkan karena oli kompresor habis atau kurang, piston sudah aus, as yang kurang presisi, atau thrust bearing yang sudah longgar.

2. Bau Tidak Sedap

Bau tidak sedap seringkali tercium ketika kita pertama kali menyalakan AC. Bau ini timbul disebabkan adanya kotoran yang melekat pada sistem pendingin ruangan, termasuk evaporator. Pembersihan secara berkala menjadi solusi agar tidak ada kotoran atau jamur yang tinggal pada komponen tersebut.

3. Getaran Berlebih Pada Mesin

Getaran ini biasanya dirasakan ketika AC dinyalakan, khususnya pada mobil tua yang minim perawatan. Hal ini bisa terjadi karena idle up pada AC mengalami kerusakan.

4. RPM Tidak Stabil

Putaran pada mesin turut terganggu apabila pemilik kendaraan tidak rutin melakukan service AC. Selain mengurangi kesejukan kabin, rpm yang tidak stabil akan membuat performa kendaraan menurun.

5. Suhu Mesin Menjadi Sangat Panas

Ketika AC dihidupkan mesin menjadi sangat panas akan sering dijumpai pada mobil yang kondensornya bersebelahan dengan radiator. Hal ini bisa terjadi karena extra fan mengalami kerusakan.


Keep safety riding yaa..