Wednesday, March 15, 2017

Begini Cara Meningkatkan Kenyamanan Mobil Anda

Tags

Begini Cara Meningkatkan Kenyamanan Mobil Anda

Kenyamanan mobil anda pada saat dikendarai adalah hal yang sangat penting disamping keselamatan. Jika mobil tidak nyaman pada saat dikendarai baik itu jarak pendek maupun jarak jauh alias touring, maka akan berimbas pada kondisi tubuh anda dan penumpang, misalnya rasa sangat capek, rasa bosan karena tidak nyaman, pengemudi juga merasa kurang enak dalam mengendarai sehingga mengurangi konsentrasi, rasa panas yang membuat lelah karena kabin kurang sejuk dan sebagainya.

Untuk itu perlu sekali meningkatkan kenyamanan mobil anda dengan memperhatikan beberapa hal penting pada mobil anda. Sebelum melakukan perjalanan ataupun jika mobil anda untuk kegiatan sehari-hari maka ada baiknya untuk melakukan service berkala sehingga dapat terdeteksi potensi kerusakan dan bisa langsung dilakukan tindakan perbaikan baik itu mesin ataupun hal lainnya yang menyangkut kenyamanan berkendara. Hal selain mesin yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara adalah sebagai berikut.

Pendingin Udara (Air Conditioning) Mobil

Bagian ini sangat penting karena menyangkut kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Bayangkan jika AC mobil anda tidak berfungsi dengan baik maka udara di dalam mobil akan panas sehingga akan membuat cepat lelah. Untuk itu disarankan untuk melakukan service berkala AC mobil. Biasanya sudah ada menu service AC pada service berkala di bengkel resmi sekalian dengan service berkala mesin per jarak tempuh.

Kaca Film

Udara yang panas disertai sinar matahari yang menyengat akan membuat kabin mobil anda terasa panas walaupun sudah menghidupkan AC yang maksimal. Untuk mengatasi hal itu diperlukan kaca film mobil yang mumpuni yang bisa mengurangi panas sinar mataharisehingga kabin akan terasa nyaman di siang hari. Biasanya standard mobil baru dari dealer sudah menyertakan kaca film mobil dengan ukuran kegelapan 40% serta kaca depan tidak menggunakan kaca film. Biasanya sinar matahari masuk melalui kaca depan sehingga diperlukan kaca film tambahan untuk kaca depan agar mengurangi panas. Banyak pemilik mobil mengganti kaca film dengan ukuran kaca samping dan belakang 60% dan kaca film khusus depan dengan 40% yang banyak dijual di toko asesoris mobil dengan berbagai merek. Disarankan untuk memilih yang berkualitas agar hasilnya optimal sehingga interior mobilpun dapat lebih awet karena terlindung dari sinar matahari.

Sound System Yang Baik

Sound system sangat membantu meningkatkan kenyamanan di dalam berkendara. Apalagi di tengah lalu lintas yang sangat macet baik di kota maupun ketika berkendara di saat mudik lebaran maka diperlukan hiburan baik musik maupun video untuk anak-anak sehingga dapat membunuh rasa bosan.

Sound system yang memukau dapat membantu kita menjadi lebih sabar ketika situasi macet terjadi. Ada beragam head unit yang dijual di pasar aftermarket sehingga kita bisa memilih yang sesuai dengan anggaran kita karena harga yang sangat bersaing baik itu yang single DIN maupun yang double DIN.

Kaki Mobil

Kaki mobil sangat berpengaruh langsung terhadap kenyamanan saat berkendara. Untuk itu perlu diperiksa bagian kaki kendaraan seperti shock absorber, tie rod, balljoint dan bushing arm untuk meningkatkan efek meredam terhadap kejutan sehingga akan meningkatkan kenyamanan dan kestabilan dalam mengendari mobil. Selain kenyaman dan kestabilan juga dapat melibas di setiap rintangan jalan seperti jalan berlubang, polisi tidur dan sebagainya sehingga pengemudi dan penumpang tidak merasa capek. Dengan suspensi dan kaki yang baik juga dapat meminimalkan suara-suara aneh yang muncul dari kolong mobil.

Ban

Ban mobil adalah komponen yang tak kalah penting untuk meningkatkan kenyamanan. Bayangkan jika ban mobil anda gundul maka sangat tidak enak untuk dikendarai karena tidak stabil dan serasa seperti ban kempes sehingga bawaannya selalu ingin memompa ban. Akibatnya ban akan terlalu keras dan akhirnya membuat mobil menjadi tidak nyaman dan akan membuat suara-suara yang aneh dan kasar dari dalam mobil karena tidak tahan terhadap goncangan  ataupun jalan yang kasar.

Pilihlah ban mobil yang bisa meredam kebisingan ketika melaju di jalan karena ada jenis ban mobil yang jika melaju diatas jalan aspal kasar atau di jalan tol mengeluarkan suara bising yang bisa masuk ke dalam kabin mobil sehingga mengurangi kenyamanan ketika sedang mendengarkan lagu karena kalah dengan suara bising dari ban.


Semoga bermanfaat dan tidak lupa keep safety riding ya..




EmoticonEmoticon