Tuesday, March 14, 2017

Beberapa Kesalahan Ketika Mencuci Mobil

Tags

Beberapa Kesalahan Ketika Mencuci Mobil

Mencuci mobil adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa untuk olah raga sehingga menyehatkan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan ketika mencuci mobil karena bisa membuat mobil kita malah tidak sedap dipandang. Nah, beberapa hal itu antara lain adalah sebagai berikut..

Jangan Menggunakan Kain Untuk Mencuci

Kain disini yang sering digunakan adalah kaos bekas, handuk bekas dan sebagainya. Kain-kain tersebut  tidak boleh digunakan karena kain kurang mampu menyerap air dengan baik dan juga dikhawatirkan malah bisa menggores body mobil ataupun motor. Untuk itu disarankan menggunakan kain serat sintetis atau microfiber cloth untuk mengeringkan mobil yang kalau masyarakat umum sering menyebut kanebo walaupun mereknya bermacam-macam karena merek tersebut yang mungkin pertama kali membuat kain microfiber ini. Jangan lupa juga gunakan busa khusus untuk mencuci mobil ketika sedang menggunakan sabun.

Jangan Mencuci Dibawah Terik Matahari

Kenapa tidak boleh? Karena terik matahari akan membuat air di permukaan body mobil menguap sehingga meninggalkan bekas. Oleh karena itu, silahkan mencuci mobil di tempat yang tidak terkena langsung sinar matahari untuk mencegah air menguap dengan kering dengan sendirinya sehingga meninggalkan bekas. Seandainya tidak ada tempat yang terlindung sinar matahari, cucilah mobil di pagi hari atau di sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu terik.

Jangan Menggunakan Sabun Cuci Biasa

Jika anda menggunakan sabun cuci biasa seperti sabun cream, sabun cuci pakaian bubuk, sampo untuk rambut, ataupun sejenisnya maka menyebabkan cat mobil rusak dan terlihat kusam. Untuk itu disarankan gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil yang sudah mempunyai spesifikasi tertentu sehingga cocok untuk cat mobil anda. Penggunaan sabun khusus mobil ini juga akan membuat body mobil anda terlihat mengkilap dan hasilnya optimal.

Jangan Menggunakan Ember Yang Kotor

Jika anda tidak mempunyai keran air dan selang yang khusus untuk mencuci mobil, gunakanlah dua ember untuk tempat sabun dan untuk membilas kain kanebo. Hal ini bertujuan agar tidak bercampurnya kotoran di satu ember yang bisa menyebabkan body mobil anda tergores yang disebabkan kotoran tadi. Sangat disarankan anda menggunakan serang bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran di body mobil sekaligus untuk membilas sabun sehingga terhindar dari kemungkinan tergores oleh kotoran atau debu. Jadi fungsi kain kanebo hanya untuk mengeringkan saja.

Beberapa kesalahan diatas dalam mencuci mobil umumnya masih sering dilakukan sehingga dengan mengetahui akibat dari kesalahan itu bisa segera diperbaiki agar mobil kesayangan kita akan terus kinclong dan bersih.

Semoga bermanfaat yaa.. keep safety riding..