Tuesday, November 8, 2016

Tips Mengatasi Penyebab Utama Kebocoran Rumah

Tips Mengatasi Penyebab Utama Kebocoran Rumah


Saat ini sudah mulai masuk musim penghujan yang tentu saja membuat was-was para pemilik rumah terutama masalah rumah bocor. Sebenarnya apa saja penyebab utama kebocoran rumah? Berikut ini adalah ulasannya.


Masalah utama kebocoran rumah adalah bagian atap. Hal ini memang cukup merepotkan. Ada beberapa masalah yang biasa terjadi, mulai dari atap yang terlalu landai, genteng yang melorot, suhu loteng yang terlalu panas, hingga retaknya dak dan bubungan. Untuk mengatasi masalah tersebut tadi, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Untuk masalah atap yang bocor, perubahan cuaca bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran. Cara mengatasinya adalah silahkan lakukan pengecekan rutin di seluruh bagian atap rumah setiap tahun. Jangan lupa gunakan water proofing untuk melindunginya.

Untuk masalah atap yang terlalu landai, hal ini disebabkan karena air tidak mengalir secara sempurna kebawah karena kemiringan atap yang kurang tajam. Biasanya atap rumah dirancang miring agar air hujan bisa mengalir kebawah. Inilah yang membuat beton tergenangi oleh air sehingga atap menjadi rembes. Untuk mengatasinya, lakukan perbaikan tingkat kemiringan atap rumah.

Masalah retak rambut sering terjadi sehingga bisa menjadi celah masuknya air ke sela-sela atap. Selain itu, perubahan cuaca menyebabkan material atap rumah menjadi cepat haus dan kemudian menimbulkan keretakan rambut pada atap rumah. Cara mengatasinya adalah dengan memperhatikan komposisi campuran saat melakukan pengecoran dan juga jika sudah terlanjur, bisa menggunakan cairan khusus untuk menambal retak rambut di dak rumah yang tahan air sehingga air tidak masuk ke celah retak rambut. Cairan ini bisa didaptkan di toko-toko bangunan.

Loteng yang terlalu panas bisa menjadi penyebab masalah kebocoran rumah juga. Bagian ini sangat rentan mengalami kepanasan di siang hari. Hal ini bisa diatasi dengan membuat ventilasi silang  dengan memodifikasi lubang angin dan membuat beberapa rongga di bagian bawah genteng. Selain itu, bisa diatasi dengan menggunakan bahan insulasi dan pemasangan turbin.

Genteng yang melorot adalah masalah yang sering terjadi sebagai penyebab kebocoran rumah. Padahal genteng adalah bagian yang sangat penting dari rumah terutama atap. Oleh karena itu, pemasangan yang tidak tepat bisa membuat kebocoran atap. Genteng melorot biasanya disebabkan oleh kesalahan pemasangan yang kurang pas atau karena binatang seperti kucing atau tikus tanah yang menginjak genteng sehingga melorot. Hal ini akan membuat celah bagi air untuk masuk di sela genteng. Cara mengatasinya dengan mengembalikan posisi genteng seperti semula, atau mengganti genteng dengan yang baru jika dirasa ada rusak sehingga bisa melorot, atau memaku setiap kepingan genteng di bagian reng yang terletak di bagian bawah genteng. Pastikan paku tersebut terpaku dengan kuat agar tidak mudah melorot. Untuk saat ini rata-rata atap sudah menggunakan baja ringan sehingga bukan paku yang digunakan tapi baut.

Semoga artikel ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon