Monday, November 7, 2016

Tips Memilih Kursi Mobil Untuk Anak

Tags

Tips Memilih Kursi Mobil Untuk Anak

Anak adalah karunia Tuhan yang tidak ternilai harganya yang merupakan suatu kebahagiaan tersendiri untuk kita para orang tua. Terlebih lagi ketika kita berencana untuk bepergian kemanapun di kala libur, pasti tidak lengkap rasanya jika tidak mengajak sang buah hati. Tentu saja keselamatan akan menjadi prioritas utama ketika kita berkendara bersama keluarga.

Ketika kita berkendara menggunakan mobil, menghadirkan kursi khusus anak di dalam mobil khususnya bagi anak kita yang masih berusia balita adalah langkah penting untuk keselamatan. Kursi mobil khusus anak ini mempunyai bentuk yang beragam. Nah, bagaimanakah tips untuk memilih kursi mobil untuk anak? Berikut ini ada beberapa cara untuk memilih, silahkan disimak.

  1. Pilihlah kursi yang sesuai dengan usia, berat badan dan tinggi anak. Karena usia yang berbeda akan mempengaruhi spesifikasi kursi anak tersebut. Untuk kursi yang menghadap belakang biasanya digunakan untuk anak kita yang masih bayi. Kemudian untuk kursi yang menghadap depan diperuntukkan untuk anak berusia dua tahun keatas. Selanjutnya kursi jenis booster diperuntukkan untuk anak usia 5 - 12 tahun. Kursi ini sudah memanfaatkan sabuk pengaman mobil.
  2. Pastikan memilih kursi yang mempunyai dua kaitan. Tujuannya adalah untuk mencegah si kecil membuka kaitan tanpa sengaja.
  3. Pastikan ukuran sabuk pengaman pada kursi balita sudah sesuai dengan postur tubuhnya. Sabuk bagian bawah sebaiknya melintang pada bagian atas perut, serta sabuk atas melintang pada bagian dada dan bukan pada leher.
  4. Pastikan kursi tersebut mempunyai label sertifikasi uji keamanan. Perlu diingat bahwa lebih baik menggunakan kursi yang baru daripada yang bekas. Kursi yang bekas ada kemungkinan resiko yang membahayakan anak karena pengaitnya yang mungkin sudah tidak berfungsi atau sabuknya yang sudah kendur.
  5. Pilihlah kursi yang berbahan ramah untuk anak dan mudah dibersihkan. Kursi yang bersih dan berbahan ramah dengan anak akan memberikan rasa nyaman untuk anak dan juga dapat mencegah penyakit terutama yang berhubungan dengan kulit.

Demikian tips cara memilih kursi mobil untuk anak, semoga bisa menjadi referensi untuk keselamatan kita dalam berkendara.

Keep safety driving yaa..






EmoticonEmoticon