Monday, November 7, 2016

Periksalah Sistem Penerangan Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Tags

Periksalah Sistem Penerangan Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jarak Jauh

Liburan merupakan moment yang sangat mengesankan bagi kita dan keluarga. Begitu juga bagi anda yang suka turing pasti identik dengan wisata dan mengunjungi tempat wisata yang pastinya akan melakukan perjalanan jarak jauh dari rumah kita. Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, ada baiknya kita melakukan pemeriksaan pada bagian penerangan karena begitu vitalnya bagian ini di kendaraan kita terlebih jika kita suka berkendara pada malam hari.

Apa sajakah bagian penerangan yang harus kita periksa sebelum berangkat? Tentu saja harus jauh hari sebelum berangkat harus sudah dilakukan pemeriksaan. Berikut daftar bagian penerangan yang harus diperiksa.

  1. Bohlam lampu utama. Pastikan bohlam lampu yang tertancap di soket lampu depan sesuai dengan anjuran pabrik. Hindari penggunaan lampu dengan daya diatas ketentuan, karena selain membuat batok lampu cepat kusam, dapat juga mengganggu kinerja aki.
  2. Batok lampu. Pancaran sinar lampu yang kurang tajam dapat diakibatkan kusamnya batok lampu. Untuk itu, bersihkan komponen yang terbuat dari bahan mika tersebut dengan cara memolesnya menggunakan cairan pemoles mika.
  3. Relay. Komponen kelistrikan ini bekerja menggunakan sistem pengendali. Arus yang keluar dari alat ini disalurkan menuju bohlam. Hasilnya, cahaya yang dipancarkan lampu menjadi maksimal. Pastikan alat tersebut dalam kondisi baik sebelum anda memulai perjalanan.
  4. Lampu Sein. Lampu ini sangat penting karena berfungsi untuk menginformasikan kepada pengendara di sekitar kita kemana arah mobil kita akan bergerak. Dengan demikian keselamatan berkendara dan berlalulintas akan didapatkan.
  5. Lampu rem. Tidak kalah pentingnya komponen yang satu ini karena berfungsi sangat vital untuk menginformasikan kepada pengendara di belakang kita bahwa kendaraan kita akan berhenti. Bayangkan jika lampu ini mati, tentu saja resiko dan bahaya akan mengintai kita karena ada kemungkinan tertabrak dari belakang. Dan juga sangat membantu pengendara di belakang kita untuk bersiap mengurangi kecepatan ketika kita menginjak pedal rem.

Demikian ulasan mengenai sistem penerangan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, semoga membantu kita dalam keselamatn berkendara dan berlalu lintas.

Keep safety riding.


1 komentar so far


EmoticonEmoticon