Monday, September 5, 2016

Resep Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer

Resep Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer

Bahan-Bahan Membuat Kue:

  • 1 gelas tepung protein sedang
  • 3-4 sdm minyak sayur
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 gelas susu bubuk coklat
  • 1/2 gelas gula pasir

Bahan Taburan:

  • Secukupnya chocochips
  • Secukupnya taburan keju

Cara Mempersiapkan Bahan dan Peralatan Kue:

  1. Untuk yang pertama bisa dilakukan dengan mempersiapkan peralatan kue. Langkah kali ini adalah cara yang penting, sebab beberapa peralatan ini adalah alat yang akan menunjang anda untuk dapat membuat adonan kue dengan lebih mudah. Beberapa peralatan tersebut diantaranya seperti mixer, lap bersih, loyang muffin, pengukus dan baskom yang akan kita gunakan untuk membuat adonan kue. Nah, mengingat betapa pentingnya beberapa peralatan ini, maka sebaiknya anda tidak mengabaikan langkah yang satu ini.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan kukusan. Caranya, tempatkan panci diatas kompor dan gunakan api yang sedang. Tuangkan air secukupnya kedalam panci dan tunggu sampai kukusan panas. Sementara itu, untuk tutup panci silahkan lapisi terlebih dahulu tutup panci dengan menggunakan lap bersih. Hal yang satu ini pun tak kalah pentingnya. Karena dengan demikian, uap air yang dihasilkan dari kukusan akan dapat diserap sehingga tidak menetes kebawah yang akan membuat adonan kue yang dikukus bisa jadi basah.
  3. Setelah selesai, lanjutkan dengan menyiapkan loyang atau cetakan untuk kue bolu kukus. Caranya, ambil kertas roti dna bentuk bulat dengan diameter kira-kira 3 cm meter. Gunakan gunting untuk memotong bagian kertas roti agar potongannya bisa merata. Setelah itu, tempatkan potongan ini dibagian atas loyang muffin dan tekan kebagian dalam agar posisinya lebih pas.
  4. Sementara itu, mengingat disini kita tidak akan menggunakan mixer, maka gunakan pengocok manual sebagai gantinya. Ketika menggunakan alat ini, maka kecepatan mengocok akan bergantung pada tenaga anda sendiri. Untuk menghasilkan adonan yang bagus, maka sebaiknya kocoklah adonan dengan cepat dan stabil.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Telur dan Mixer:

  1. Pertama siapkan baskom dan masukkan tepung kedalamnya bersama dengan gula pasir, susu coklat bubuk dan air. Aduk-aduk semua bahan ini sampai merata selama kurang lebih 10 menit atau sampai mengental dan tercampur secara merata.
  2. Setelah itu, masukkan minyak sayur kedalamnya adonan dan aduk-aduk kembali sampai tercampur merata.
  3. Bila semua bahan sudah tercampur dan diaduk, silahkan lanjutkan dengan menyiapkan loyang dan menyendokkan adonan kedalamnya dengan perlahan.
  4. Siapkan pula kukusan dan kukus adonan selama kurang lebih 15-20 menit atau sampai matang.
  5. Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian anda akan siap menyantapnya selagi masih fresh dari kukusan.
Selamat mencoba.


EmoticonEmoticon