Monday, August 1, 2016

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terasa Melayang?

Tags

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terasa Melayang?

Mobil adalah kendaraan yang bagi kita sangat penting untuk mobilitas sehari-hari. Apalagi jika digunakan untuk berlibur di akhir pekan, liburan panjang atau mudik ketika lebaran, rasanya betul-betul harus dicek kondisinya. Kali ini kita bahas khusus mengenai pengendalian mobil ketika terasa melayang sewaktu melaju di jalan.

Pengendalian yang mantap dan stabil akan membuat kita merasa nyaman dan percaya diri ketika mengemudikan kendaraan terutama ketika melaju dalam kecepatan yang tinggi. Tapi kadangkala kita merasa mobil kita terasa melayang dan agak sulit dikendalikan. Sudah pasti akan muncul rasa cemas pada diri kita, apalagi jika sebelum berkendara tidak muncul gejala-gejala melayang tersebut.

Mobil yang terasa melayang ketika dikemudikan kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut:

Suspensi

Kondisi suspensi yang kurang baik tentu saja akan membuat mobil terasa tidak stabil atau melayang, terutama ketika dikemudikan dalam kecepatan tinggi. Kita harus periksa kapan terakhir kali memeriksa kondisi suspensi. Jika anda lupa kapan terakhir kali periksa suspensi, ada baiknya segera diperiksa karena mobil yang terasa melayang ketika dikemudikan bisa jadi karena kondisi suspensi yang tidak mumpuni. Selain usia, turunnya kondisi suspensi bisa terjadi karena seringnya melewati jalan yang rusak atau karena karet-karet yang sudah aus.

Ban

Ban yang sudah gundul atau sudah kadaluarsa juga bisa menyebabkan mobil terasa melayang ketika dikemudikan. Periksalah kondisi ban tersebut dan segera ganti dengan ban yang baru jika sudah gundul atau kadaluarsa. Ban yang sudah gundul sangat berbahaya karena sudah tidak lengket di jalan dan jika dikemudikan di kecepatan yang tinggi akan terasa melayang dan seperti ban yang kempes.

Cobalah periksa juga ban anda apakah masih menggunakan ukuran standar dari pabrikan. Jika memang telah dirubah, kemungkinan yang terjadi adalah jika diameter ban lebih besar dari standar maka akan terjadi penyimpangan di speedometer karena bisa jadi kecepatan yang sesungguhnya lebih tinggi dari yang tertera di speedometer. Demikian juga sebaliknya, jika ban yang digunakan ukurannya lebih kecil dari ban standar pabrikan. Intinya, bisa saja angka speedometer menunjukkan kecepatan yang normal, padahal kenyataannya lebih cepat sehingga mobil terasa melayang.

Alam

Faktor alam yang paling dominan adalah angin. Mobil akan terasa melayang ketika terkena hembusan angin dari samping ketika dikemudikan dalam kecepatan tinggi. Beberapa ruas jalan biasanya terdapat papan peringatan tentang hembusan angin. Tapi jika tidak menemukan papan peringatan tersebut, lihatlah pohon-pohon disekitar jalan tersebut apakah melambai-lambai terkena angin kencang. Jika itu terjadi segera turunkan kecepatan mobil anda. Jika anda melewati jalan tol seperti Cipali yang jarang terlihat pohon, tapi anda juga bisa merasakan hembusan angin yang kencang karena berada di pesisir pantai maka otomatis anda harus menyesuaikan kecepatan mobil agar tidak terjadi kecelakaan.


EmoticonEmoticon