Wednesday, June 29, 2016

Tips Mengatasi Rasa Bosan Dalam Bekerja

Tips Mengatasi Rasa Bosan Dalam Bekerja

Merasa bosan ketika bekerja bagi pekerja kantoran sangat mungkin terjadi karena rutinitas. Hal ini disebabkan karena selalu mengerjakan hal yang sama setiap hari sehingga akan tiba saatnya menemui titik kejenuhan. Pertanyaannya, ketika sudah bertemu dengan rasa bosan dan jenuh ini, apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh dalam bekerja.

Pertama,

Sudah pasti mengajukan cuti karena setiap karyawan biasanya mendapatkan hak cuti tahunan yang bisa diambil untuk berlibur atau sekedar beristirahat untuk menghilangkan rasa jenuh. Sebelum mengajukan cuti, pastikan tidak ada pekerjaan yang mendesak untuk dikerjakan. Jangan sampai anda membebani teman kerja dengan pekerjaan mendesak tersebut. Usahakan selesaikan dahulu pekerjaan yang penting dan mendesak agar cuti anda tidak terganggu oleh telpon kantor.

Kedua,

Mengisi waktu luang dengan membaca. Hal ini sangat berguna karena dapat memperluas pengetahuan dan bisa menemukan hal-hal baru sehingga bisa membunuh rasa bosan dan jenuh. Biasanya dengan membaca majalah, koran, buku cerita fiksi, berita online dan lain sebagainya yang topiknya belum pernah ada baca. Kegiatan membaca ini disamping bisa memperluas wawasan juga bisa menimbulkan ide-ide segar sehingga bisa membuat pikiran anda menjadi segar.

Ketiga,

Mengikuti kegiatan lain misalnya kursus atau pelatihan. Perusahaan biasanya menyediakan fasilitas pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan profesi sesuai pekerjaan bagi setiap karyawan dengan tujuan unyuk pengembangan diri. Manfaatkanlah fasilitas ini agar anda tidak bosan di kantor dan ada suasana lain diluar kantor.
Kursus secara mandiri juga bisa dilakukan seperti fotografi, menulis kreatif, mematung, menggambar, menjahit, musik, atau menari dan berbagai kursus hobi dan keterampilan lainnya. Dengan mengikuti kursus ini diharapkan anda menemukan sesuatu suasana baru disamping menjalani kegiatan pekerjaan sehari-hari.

Keempat,

Menyalurkan berbagai macam ide yang ada di pikiran. Anda bisa menjadikan ide tersebut melalui berbagai wadah seperti tulisan, artikel, sketsa, gambar, lukisan, dan sebagainya. Bisa juga mebuat coretan-coretan berupa simbol yang menggambarkan alur pekerjaan sehingga akan membuat anda mulai berpikir dengan gambar dan bukan lagi dengan kata-kata sehingga ide-ide baru akan muncul.

Kelima,

Mengembangkan jaringan pertemanan baru. Menjadi anggota di berbagai klub hobi seperti otomotif, fotografi, melukis, penyuka seni, jalan-jalan, eksekutif atau profesi, dan sebagainya aka semakin memperluas wawasan serta jaringan sehingga akan bisa membunuh rasa bosan karena muncul berbagai perspektif mengenai profesi, suasana baru diluar kantor, teman selain teman kantor, partner diskusi mengenai berbagai hal selain teman kantor, bisa mengembangkan dan memahami adanya kehidupan dengan suasana dan pandangan yang lain, mendapatkan persepsi baru tentang kehidupan diluar kantor, dan mempelajari bagaimana cara orang lain memandang masalah dan pemecahan masalahnya.

Keenam,

Anda juga bisa mencari rute perjalanan lain menuju kantor baik itu perjalanan pergi maupun pulang bekerja. Selai bisa menghilangkan rasa jenuh, mencari rute alternatif lain ini bisa memperluas pengetahuan tentang jalan dan mempertajam daya ingat.


EmoticonEmoticon