Saturday, June 11, 2016

Mewarnai Untuk Menaklukkan Stres

Mewarnai Untuk Menaklukkan Stres

Dimasa kanak-kanak, mewarnai adalah kegiatan yang dominan dilakukan. Hal ini sebagai cara untuk anak-anak dalam mengekspresikan kemampuan visualnya dan juga sebagai media untuk mengasah bakat seni yang ada pada dirinya.


Namun sekarang ini, kegiatan mewarnai juga digemari oleh orang dewasa. Mengapa demikian? Karena ternyata, kegiatan mewarnai bisa menjadi salah satu cara untuk menaklukkan stres. Banyak pengalaman baik yang didapat oleh orang-orang yang sudah melakukan terapi stres ini. Mereka menemukan kebahagiaan dan dijauhkan dari stres ketika mereka sedang mewarnai.

Memang ada juga yang sejak kecil mereka hobi mewarnai. Tapi rata-rata hobi mereka ini pudar ketika usia mereka tumbuh menjadi dewasa. Setelah mencapai usia dewasa dan sudah memasuki dunia kerja yang identik dengan stres, mereka kembali menyukai kegiatan mewarnai ini namun dengan tujuan lain yaitu untuk menaklukkan stres yang mereka alami sewaktu beraktifitas. Kegiatan ini bahkan bisa menjadi kecanduan bagi mereka yang sudah merasakan kesenangan dalam mewarnai, apalagi ketika mereka sudah berhasil menaklukkan stres. Selain bisa untuk menaklukkan stres, mewarnai juga bisa untuk membunuh kejenuhan, misalnya ketika harus menunggu pesawat yang delay ataupun ketika dirawat di rumah sakit.

Media yang digunakan untuk mewarnai biasanya adalah segala macam alat mewarnai, seperti crayon, spidol warna, pencil warna, cat air dan sebagainya. Kemudian media untuk diwarnai juga segala macam media seperti kertas, kanvas, buku gambar, kertas bekas, buku gambar yang sudah ada gambarnya sehingga tinggal mewarnai dan sebagainya. Bahkan sekarang ini seiring dengan kemajuan teknologi, kita bisa menemukan berbagai macam aplikasi untuk mewarnai di gadget yang ada di android dan ios. Jadi akan lebih praktis karena tidak harus membawa buku dan alat warna, tinggal buka gadget dan mewarnai apa yang kita suka. Kelebihan mewarnai dengan menggunakan aplikasi adalah selain tidak repot dengan barang bawaan juga lebih bisa mengeksplor segala macam warna karena di aplikasi sangat kaya warna. Kalau dibandingkan dengan mewarnai di buku atau kertas, satu jam saja sudah capek. Karena sifatnya yang praktis biasanya mewarnai melalui gadget bisa menimbulkan kecanduan.

Dalam proses mewarnaipun, banyak orang yang melawan arus. Maksudnya adalah mereka tidak mengikuti warna pada umumnya, seperti pohon harus warna hijau dan sebagainya. Karena tujuan mereka adalah agar pikiran menjadi fresh dan menghilangkan stres, maka mewarnai dengan bebas tanpa batas tanpa mengikuti platform adalah jalan yang sangat membantu mereka melepaskan diri dari belenggu stres dan kejenuhan.

Bagi yang sudah berkeluarga, kegiatan mewarnai ini juga bisa mempererat hubungan batin kita dengan anak-anak. Jika anda masih mempunyai anak kecil maka untuk melepaskan stres, juga bisa sekaligus mengajak anak-anak kita untuk bersama-sama belajar mewarnai sambil diajak ngobrol sehingga kita mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu menghilangkan stres dan makin mempererat hubungan psikologis dengan anak-anak, dan mereka akan mendapatkan perhatia yang lebih dari orangtua. Efeknya adalah frekuensi menonton televisi dari anak-anak akan berkurang karena asyik mewarnai.

Waktu melakukan kegiatan mewarnai juga bermacam-macam, yang penting ketika ada waktu luang. Misalnya sepulang dari kantor dan mewarnai bersama anak-anak di rumah, sambil menunggu anak-anak berenang digunakan untuk mewarnai, ketika pijat refleksi di kaki, bahkan saat treatment di salon pun bisa juga digunakan untuk mewarnai.

Mewarnai menjadi bagian paling sederhana dari terapi seni. Jika terapi seni lebih kompleks bagi mereka yang sudah terlanjur stres, mewarnai justru bisa membantu untuk manajemen stres, menghibur diri dan menghindari stres.

Uniknya, mewarnai hanya cocok untuk orang-orang dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Karena orang visual cenderung menyerap pelajaran dari apa yang ditangkap mata dan kinestetik lewat berbagai kegiatan fisik. Bagi orang yang mempunyai gaya belajar auditory atau menangkap sesuatu dari pendengaran, maka mewarnai malah membuat dia menjadi stres.

Bagi penyuka detail, mewarnai juga bisa menjadi penghilang stres karena dalam kehidupan sehari-hari sulit menemukan hal-hal yang detail seperti mewarnai. Bebas dalam membuat garis yang berbeda tanpa harus berkompromi dengan orang lain. Ini bagus bagi orang yang senang artistik karena bisa melihat perpaduan warna. Intinya, apapun usaha yang kita lakukan untuk melepas stres, pasti akan fokus.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon