Wednesday, June 29, 2016

Merawat Panoramic Roof Mobil Anda Agar Awet Dan Terjaga


Merawat Panoramic Roof Mobil Anda Agar Awet Dan Terjaga
Bertualang ke pegunungan dengan mengendarai mobil anda akan sangat berkesan jika perjalanannya lancar. Tentu saja agar lancar, kendaraan harus dalam kondisi prima. Yang paling utama adalah mesin dan kemudian fitur-fitur mobil anda harus berfungsi prima. Salah satu fitur yang ada adalah panoramic roof atau sun roof yang dapat menambah berkesannya petualangan anda di pegunungan karena masih bersihnya udara disana dan juga pemandangannya. Fitur ini biasanya terdapat di mobil premium atau anda juga bisa memasangnya sendiri di toko atau bengkel modifikasi dan variasi mobil.

Udara pegunungan yang segar, bersih dan sejuk akan terasa mantap anda nikmati dari dalam mobil jika panoramic roof mobil anda berfungsi dengan baik. Tentu saja harus dengan perawatan yang rutin agar kaca di panoramic roof atau sun roof dapat memberi nilai lebih.

Perawatan panoramic roof atau sun roof yang bisa kita lakukan adalah harus rajin membersihkan panoramic roof dari kotoran serta sisa-sisa pembakaran yang ada di udara bebas. Kemudian komponen mekanik pada kaca juga harus dipastikan bekerja dengan baik sehingga kaca dapat dibuka dan ditutup dengan mudah.

Untuk melakukan perawatan ini, persiapan awal adalah menyiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk membersihkan dan merawat kaca panoramic roof atau sun roof, seperti kain halus atau mikrofiber, pelumas semprot, cairan pembersih karet, dan pembersih kaca. Mobil juga harus diparkir di tempat yang teduh dan aman.

Setelah semua alat siap, semprotka cairan pembersih pada karet-karet yang berada di sisi-sisi panoramic roof. Cairan ini bisa dibeli di toko perlengkapan otomotif atau perlengkapan teknik. Silahkan baca dahulu petunjuk pemakaian agar diperoleh hasil yang maksimal. 

Diamkan beberapa saat hingga kotoran pada karet lebih mudah dibersihkan. Gunakan kai halus atau mikrofiber untuk membersihkan dan mengeringkan bagian yang basah akibat semprotan pembersih tersebut. Pastikan lis yang terbuat dari karet dapat kering dengan sempurna sehingga tidak menetes ke dalam kabin. Cairan yang tersisa pada karet juga dapat mengotori panoramic roof.

Setelah karet bersih, periksalah saluran pembuangan air yang biasanya terdapat pada bagian belakang ujung kaca. Pastikan saluran tersebut bersih dan tidak tersumbat. Jika kotor, bersihkan dengan cara menyiram menggunakan air bersih dengan hati-hati agar air tidak menciprat ke bagian lain yang malah membuat baian tersebut kotor.

Selanjutnya, perhatikan dengan cermat komponen sliding rail. Alat ini menjadi bagian utama yang membuat kaca dapat dibuka dan ditutup dengan baik. Agar sistem mekanik tidak bekerja terlalu berat, lumasilah komponen mekanik ini dengan pelumas khusus dengan hati-hati agar pelumas tidak mengenai bagian lain.

Setelah sistem mekanik dan karet-karet kembali prima, berikutnya adalah membersihkan kaca. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan kaca yang sekaligus dapat membersihkan jamur yang membandel.
Terakhir yang harus diperhatikan agar panoramic roof atau sun roof tetap awet dan terjaga adalah memperhatikan tempat parkir. Parkirlah di tempat yang aman, bersih, dan tidak di bawah sinar matahari langsung.


EmoticonEmoticon