Monday, June 13, 2016

Kendaraan Yang Menerobos Jalur Busway Selain Plat RI, Ambulance Dan Pemadam Kebakaran Akan Ditilang

Kendaraan Yang Menerobos Jalur Busway Selain Plat RI, Ambulance Dan Pemadam Kebakaran Akan Ditilang

Mulai hari ini, Senin, tanggal 13 Juni 2016, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pengetatan dan sterilisasi jalur busway. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan bahwa jalur busway hanya boleh dipergunakan untuk bus Transjakarta dan evakuasi, seperti ambulance dan mobil pemadam kebakaran saja. Dan satu lagi yang diperbolehkan masuk jalur busway adalah mobil berpelat RI.

Untuk mobil lainnya tidak boleh masuk jalur busway, termasuk kendaraan dinas gubernur, wakil gubernur, kedutaan besar, serta kementerian dan lembaga tinggi negara yang pelatnya RFS. Menurut Basuki, alasan mengapa kendaraan embassy tidak boleh masuk jalur busway karena pelatnya terlalu banyak. Kendaraan polisi juga tidak boleh masuk kecuali sedang mengawal ambulans.

Untuk mendukung program sterilisasi jalur busway ini, Basuki akan menambah petugas dan Moveable Concrete Barrier (MCB). Selain itu, Basuki telah bekerja sama dengan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Syamsul Bahri dam meminta agar menindak penerobos jalur busway dengan tilang warna biru agar langsung membayar di bank. Jika ditilang dengan warna merah dikhawatirkan nanti di pengadilan dipermainkan oleh oknum dan akhirnya langsung diloloskan.

Adapun  denda maksimal dengan tilang biru ini adalah sebesar 500 ribu sesuai ketentuan Pasal 287 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Mekanisme pembayaran denda tilang slip biru ini dilakukan di Bank BRI.

Jalur Busway Untuk Evakuasi

Gubernur yang akrab disapa Ahok ini juga menegaskan tentang pentingnya jalur busway sebagai jalur evakuasi. Dia memberi contoh mengenai kondisi darurat, seperti orang terkena serangan jantung atau ada seorang ibu yang akan melahirkan di tengah jalanan yang macet, harus ada jalur evakuasi dengan menggunakan jalur busway agar kondisi tersebut bisa diatasi dengan cepat.

Satu lagi jika ada mobil terbakar harus segera memberi jalan kepada mobil pemadam kebakaran agar segera sampai dengan cepat ke lokasi melalui jalur evakuasi untuk memadamkan api. Oleh karena itu jalur busway harus steril.

Ahok juga meminta polisi tidak menggunakan hak diskresinya lagi dengan mengizinkan kendaraan masuk jalur busway ketika lalu lintas sedang macet karena hal itu tidak ada perbedaannya, tetap saja macet.



EmoticonEmoticon