Wednesday, June 15, 2016

Gubernur Ahok Mengajak Mercedes Ikut Produksi Bus Transjakarta

Gubernur Ahok Mengajak Mercedes Ikut Produksi Bus Transjakarta

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab dipanggil Ahok mengajak produsen bus Mercedes untuk ikut serta memproduksi bus untuk Transjakarta. Menurutnya, ini untuk menambah pilihan dari tiga merk bus terkenal yang sekarang ada yaitu Scania, MAN, dan Hino. Hal ini juga agar terjadi persaingan yang lebih baik jika ada lebih banyak produsen kelas dunia yang memproduksi bus Transjakarta.

Pihak Mercedes pun menunjukkan prototipe bus yang akan mereka produksi untuk Transjakarta berukuran besar yang desain interiornya dengan tempat duduk semua menghadap ke depan. Sementara ini yang ditawarkan adalah bus yang standar dengan high deck lengkap dengan cat dan atribut Transjakarta. Ahok sendiri menginginkan bus yang kursinya semua menghadap ke depan. Menurut Ahok, formasi kursi yang menghadap ke depan lebih memberikan kenyamanan ke penumpang karena jika menghadap depan jika ingin duduk menyandar juga bisa nyaman dibandingkan formasi menyamping yang sekarang digunakan di seluruh bus Transjakarta.

Menurut Gubernur Ahok, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berani memesan langsung 100 bus untuk Transjakarta jika spesifikasi bus tersebut sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh pihak DKI. Ahok mengaku sengaja mengaja para produsen mobil terkenal untuk bus Transjakarta. Dirinya tidak ingin lagi membeli bus produksi Tiongkok karena sudah terbukti kualitas dari produsen merek terkenal. Dia menjamin akan membeli bus-bus tersebut karena memang sudah ada rencana untuk mengganti seluruh sistem bus. Ada yang lower deck dan juga pintu keluar ditempel kartu.

Ahok mengaku tidak memikirkan anggaran. Pihaknya akan menyiapkan dana dalam APBD DKI. Bahkan sudah dialokasikan subsidi untuk public service obligation (PSO) sebesar 3,2 triliun untuk tahun depan. Sebagai gantinya, Basuki meminta potongan harga untuk biaya perawatan. Sehingga nantinya semua perawatan bus akan dilakukan di Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Jadi semua perawatan kontrak dengan ATPM dan dia meminta diskon 20-30 persen untuk perawatan.

Kita tunggu bus Transjakarta Mercy mengaspal di jalur busway.



EmoticonEmoticon