Saturday, May 28, 2016

Manfaat Merawat Pakaian Agar Selalu Rapi Dan Terawat

Manfaat  Merawat Pakaian Agar Selalu Rapi Dan Terawat

Sebenarnya merawat pakaian adalah suatu hal yang sangat mudah. Sebagian orang melakukannya sendiri karena alasan mendapatkan kepuasan batin jika melihat pakaian sendiri tertata rapi di lemari pakaian dan terlihat selalu terawat. Sebagian orang lagi lebih memercayakan merawat pakaiannya kepada asisten rumah tangga dengan alasan kesibukan yang padat sehingga tidak ada waktu untuk melakukannya.


Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa kita harus merasa pusing dalam merawat pakaian kita? Padahal gampang kan sebenarnya, jika kotor ya dicuci dan jika sedang tidak dipakai simpan saja di dalam lemari pakaian. Kalau kondisi pakaian tersebut sudah buruk atau anda sudah tidak suka lagi tinggal dijual atau dikasih ke orang yang membutuhkan dan kita tinggal membeli lagi pakaian yang baru.

Walaupun sebenarnya tidak ada yang melarang kita untuk berbuat demikian, tidak ada salahnya kita mencoba dan berusaha merawat pakaian kita yang masih kita gunakan agar terlihat rapi dan terawat. Banyak juga yang mempunyai alasan kesibukan sehingga tidak ada waktu untuk merawat pakaian, merasa repot karena hanya menambah pekerjaan yang tidak perlu saja di rumah dan sebagainya. Berbagai alasan tadi agar dibuang jauh-jauh karena merawat pakaian bukanlah pekerjaan yang membutuhkan waktu yang banyak serta membutuhkan tempat yang khusus. Yang diperlukan hanyalah ketelitian dan perhatian saja karena dengan mengorbankan sedikit waktu anda maka anda akan memperoleh banyak sekali manfaat. Apa sajakah manfaat dan cara merawat pakaian yang kita miliki?

1. Menghemat Uang Untuk Belanja Pakaian Baru.

Dengan merawat pakaian yang kita miliki maka kondisi dari pakaian tersebut akan selalu dalam keadaan baik dan terawat sehingga tidak mudah rusak dan awet. Otomatis karena pakaian kita masih dalam keadaan bagus, maka kita tidak perlu belanja pakaian baru sehingga bisa menghemat pengeluaran dan menambah tabungan atau bisa digunakan untuk hal lain yang lebih penting.

2. Pakaian Mudah Dicari Di Lemari.

Dengan melakukan perawatan untuk pakaian kita, maka kita dapat dengan mudah mencari pakaian yang ingin kita pakai pada saat itu di lemari sehingga kita bisa menghemat waktu jika kita merasa buru-buru untuk menggunakannya.

3. Menggantung Pakaian Yang Benar

Menggantung pakaian merupakan salah satu cara menyimpan pakaian di lemari. Untuk itu gunakan gantungan pakaian (hanger) yang terbuat dari kayu atau plastik yang berkontur. Di pasaran ada juga gantungan dari kawat, tapi jenis gantungan ini tidak dianjurkan karena mudah meliuk dan gampang membuat pakaian menjadi koyak. Untuk jenis gantungan yang memiliki bantalan akan membuat pakaian yang terbuat dari kain halus, seperti sutera akan tetap rapi dan cantik. Untuk kemeja, blus, rok dan jaket yang memiliki kancing biarkan dalam posisi terkancing agar pakaian tidak kusut ketika digantung atau dilipat.

4. Menyimpan Pakaian Dengan Benar

Usahakan agar menyimpan pakaian dengan benar. Jika anda menyimpan pakaian di dalam kantung plastik, usahakan tidak dalam jangka waktu lama karena bahan kimia dalam plastik bisa larut dalam kain. Untuk mencegah ngengat dan serangga anda dapat membungkusnya dengan kertas tisu. 

Untuk pakaian dalam dan ringan, usahakan disimpan di dalam kotak atau keranjang kecil atau dalam laci yang berbeda. Hal ini akan menghindarkan dari tercampuraduknya pakaian dalam dengan pakaian lain serta memudahkan anda untuk mencarinya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.



EmoticonEmoticon