Friday, May 20, 2016

Beberapa Kesalahan Dalam Penggunaan Kartu Kredit Yang Akan Berakibat Fatal

Tags

Beberapa Kesalahan Dalam Penggunaan Kartu Kredit Yang Akan Berakibat Fatal

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran untuk berbagai macam transaksi. Apalagi sekarang ini sangat marak toko online yang sudah pasti salah satu cara pembayaran untuk belanja dengan kartu kredit. Disamping simpel dan membuat orang tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk berbelanja, kartu kredit itu sendiri dapat juga digunakan sebagai pengganti uang tunai. Disamping sebagai pengganti uang tunai, kartu kredit juga bisa digunakan untuk berjaga-jaga suatu saat kita harus dirawat di rumah sakit, dengan memakai kartu kredit untuk pembayaran down payment rumah sakit sehingga kita bisa lebih cepat dilayani tanpa menunggu administrasi lainnya. Itu tadi beberapa manfaat kartu kredit yang bisa kita ambil. Adapun jenis-jenis kartu kredit adalah Visa, Master, JCB, Amex dan Dinners Club, BCA Card dan sebagainya.


Untuk mendapatkan kartu kredit sekarang ini bisa dibilang cukup mudah, selama kita mempunyai pekerjaan tetap di kantor, dengan batas penghasilan yang bisa dikatakan diabaikan karena dengan penghasilan berapapun bisa dibantu untuk mendapatkan kartu kredit tetapi dengan limit yang terbatas sesuai dengan penghasilan yang dibuktikan dengan slip gaji dari perusahaan.

Kalau kita sudah disetujui kartu kreditnya sudah pasti akan sangat gampang untuk mendapatkan kartu kredit yang lainnya karena tiap hari kita pasti akan ditelpon oleh sales kartu kredit yang menawarkan kartu kredit dari berbagai bank penerbit baik melalui sms maupun telpon. Mayoritas dari anda pasti akan terganggu dengan hal ini karena berbagai macam alasan karena salesnya ngotot, mengganggu ketika kita sedang beraktivitas dan lain sebagainya. Tidak sedikit juga yang merasa senang dengan ditelpon sales kartu kredit. Biasanya kelompok ini adalah orang-orang yang senang mempunyai banyak kartu kredit karena mungkin beranggapan dengan mempunyai banyak kartu kredit gengsinya akan naik.

Seringkali kartu kredit dianggap sebagai hal yang negatif karena ketidaktahuan masyarakat dalam menggunakan kartu kredit dengan benar. Padahal jika kita mengetahui dengan benar dan bijak cara menggunakan kartu kredit, maka banyak sekali hal positif dan menguntungkan yang dapat kita peroleh. Kartu kredit akan menjadi momok dan beban hidup kita jika kita menganggap seolah-olah merasa telah memiliki pinjaman yang hampir tidak terbatas. Kartu kredit akan menjerat pengguna jika pengguna tersebut lalai membayar tagihan  atau  tidak berhati-hati dalam pemakaian karena sifatnya adalah bunga berbunga sehingga setiap kita lalai membayar maka jumlah yang tertunggak ditambah bunganya di bulan tersebut akan dibungakan kembali di bulan yang akan datang, begitu seterusnya, sehingga tidak jarang banyak orang yang terbebani hidupnya jika hal ini terjadi.

Ada beberapa perilaku para pengguna kartu kredit yang dapat membahayakan kondisi keuangan maupun dirinya sendiri karena bisa saja nanti ditagih oleh debt collector yang seram-seram itu. Mari kita cermati apa sajakah perilaku yang salah dalam menggunakan kartu kredit tersebut, seperti penjelasan berikut ini.

1. Terlambat membayar tagihan

Akibat perilaku ini, pengguna akan dibebani biaya denda keterlambatan dan atau bunga  pada bulan berikutnya. Tentu saja jumlah tagihan yang harus dibayarpun akan semakin membesar di bulan-bulan berikutnya jika tidak segera dilunasi. Memang benar, bunga dan denda keterlambatan ini tidak terlalu besar.Akan tetapi, jika pengguna terlambat membayar ataupun tidak membayar lunas tagihan kartu kredit setiap bulan, maka dalam satu tahun, akumulasi dari biaya per bulan ditambah jumlah tagihannya akan menjadi sangat tinggi karena bunga berbunga. Tentu saja ini sangat merugikan karena bunga kartu kredit ini yang rata-rata 3 persen lebih adalah sangat menjerat leher.

2. Membayar jumlah minimum

Sangat dianjurkan bagi pengguna kartu kredit untuk membayar lunas setiap bulannya. Tujuannya adalah agar tidak terjadi tagihan bunga berbunga ketika setiap bulan anda membayar jumlah minimum. Jika pembayaran dengan jumlah minimum ini dilakukan terus-menerus maka tagihan anda akan selalu bertambah setiap bulannya yaitu senilai bunga kartu kredit yang ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit anda.  Tentu saja hal ini sangat merugikan anda sebagai pengguna kartu kredit karena tidak bisa menikmati manfaat sebagai pengganti uang tunai dalam pembayaran transaksi atau belanja anda. Jadi usahakanlah agar selalu membayar lunas tagihan kartu kredit anda setiap bulan.

3. Mengambil uang tunai

Kartu kredit juga mempunyai fasilitas bagi anda sebagai pengguna yaitu pengambilan uang tunai di ATM atau Cash Advance. Ini bisa menolong anda ketika mempunyai kebutuhan yang mendadak atau mendesak sedangkan anda saat itu tidak mempunyai uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tetapi ketika anda sudah menarik uang tunai dengan kartu kredit, dianjurkan untuk segera melunasinya ketika tagihannya sudah terbit. Karena jika anda menunda atau melakukan pembayaran minimum tagihan kartu kredit yang ada tagihan cash advancenya, sudah pasti akan berbunga yang cukup tinggi dan tentu saja bulan depannya tagihan anda akan mendesak. 

Silahkan dibaca di surat tagihan kartu kredit anda, biasanya dibagian bawah, akan disebutkan jumlah bunga yang harus anda bayar untuk transaksi penarikan uang tunai yang pastinya cukup tinggi. Disarankan jika anda ada kebutuhan mendesak dan masih mempunyai cukup waktu untuk telpon ke pusat layanan kartu kredit anda dan menanyakan apakah ada layanan untuk pinjaman uang dengan bunga flat langsung yang berhubungan dengan kartu kredit anda, karena itu lebih murah dan lebih ringan bunganya.

4. Mempunyai kartu kredit yang berlebihan

Anda disarankan untuk mempunyai satu kartu kredit saja. Pilihlah kartu kredit yang berlogo Visa dan/atau Master yang tidak ada iuran tahunan seumur hidup sehingga anda bisa hemat senilai iuran tahunan tersebut setiap tahun. Berapakah jumlah maksimal kartu kredit yang bisa kita miliki? Sebenarnya tidak ada batasan berapa seharusnya kita bisa memiliki kartu kredit, apalagi sekarang ini sales kartu kredit berlomba-lomba menelpon anda untuk membuat kartu kredit dengan iming-iming hadiah yang menarik, sudah pasti anda akan tergiur untuk menambah kartu kredit. Akan tetapi jika anda bijaksana maka anda akan memilih maksimal dua kartu kredit saja. Satu untuk transaksi dan belanja, dan satunya lagi untuk bisnis jika anda sering melakukan bisnis secara online atau sering melakukan perjalanan keluar negeri.

Hal ini untuk menghindari secara psikologis, jika anda mempunyai banyak kartu kredit maka hasrat untuk belanja dan membeli hal-hal yang sekiranya tidak penting akan meningkat dan tidak bisa tertahan lagi. Bisa anda bayangkan jika semua kartu kredit anda gunakan untuk membeli barang maka utang anda akan semakin banyak. Semakin banyak anda mempunyai kartu kredit maka semakin mudah kita terdorong untuk membeli sesuatu yang mungkin belum penting.

5. Tidak disiplin

Kartu kredit akan bisa sangat bermanfaat bagi kita jika kita bijak dalam menggunakannya. Jika anda disiplin dan ketat dalam menggunakan kartu kredit pasti anda akan mendapatkan manfaat besar dari kartu kredit.

Kartu kredit juga akan bisa menjerumuskan kita sebagai pengguna kedalam masalah keuangan yang berat jika kita selalu belanja berlebihan dan berfoya-foya dengan kartu kredit. Ini artinya sebagai pengguna kita tidak bijak dalam menggunakan kartu kredit. Apalagi jika anda termasuk orang yang malas melihat tagihan dan juga membayarnya, maka akan semakin menjerumuskan kita kedalam masalah keuangan berat. 

Jadi mulai dari sekarang silahkan kontrol penggunaan kartu kredit anda, periksa tagihannya dan bayarlah tagihan tepat waktu dan lunas. Semua keputusan ada di tangan anda, membuat kartu kredit sebagai penolong anda atau yang menjerumuskan anda kedalam masalah keuangan yang berat.


EmoticonEmoticon