Thursday, April 21, 2016

Indahnya Air Terjun Lembah Pelangi Di Lampung, Silahkan Share..!!


Indahnya Air Terjun Lembah Pelangi Di Lampung, Silahkan Share..!!

Indahnya air yang jatuh dari ketinggian memberikan pemandangan dan percikan air yang begitu sejuk. Air terjun pelangi yang terletak di Ulu Belu kabupaten Tanggamus provinsi Lampung. Air terjun yang merupakan salah satu objek wisata baru di Lampung.

Air Terjun yang kemungkinan  tingginya kurang lebih 20 meter ini memiliki bentuk yang khas karena terdapat 3 air terjun dimana air terjun utamanya letaknya paling atas dan setelah itu terbagi menjadi 2 aliran menjadi 2 air terjun lagi. Air terjun ini lebih unik lagi karena di air terjun yang bawah atau disebut air terjun panas memiliki lokasi air panas sehingga kita bisa menikmati mandi air panas tanpa ada bau belerang. Selain itu juga pada saat matahari terang di air terjun tersebut terbentuk pelangi, sebab itulah air terjun ini disebut air terjun pelangi.Tetapi dalam keadaan mendung, tidak terlihat ada pelangi. 


Air terjun ini  sangat indah dan rekomendasi bagi pecinta wisata. Untuk mencapai air terjun ini tidak sulit karena bisa dicapai dengan kendaraan, selanjutnya yang butuh tenaga untuk berjalan turun ke lokasi air terjunnya.

Rute untuk menuju air terjun yaitu dari kota Bandar Lampung menuju arah Kota Agung, namun tidak sampai di Kota Agung, tetapi setelah sampai di Talang Padang, cari rute jalan ke Bendungan PLTA Batutegi. Setelah masuk arah jalan tersebut tidak sampai ke bendungan batu tegi tetapi ambil arah ke Ulu belu, di pertigaan ada plank ulubelu dan batutegi, ambil arah Ulubelu atau ke arah PLTU Ulubelu, selanjutnya terus ikuti jalan utama sekitar 1 jam. Kondisi jalan menanjak dan berliku karena menaiki gunung. Selanjutnya jalan terus melewati danau Hijau dan akan terlihat juga PLTU dengan uap nya. Kemudian terus jalan ke arah desa (pekon) Suka Damai atau arah desa (pekon) Ngarip. Setelah sampai di desa tersebut tinggal tanya ke warga arah jalan air terjun pelangi.

Motor merupakan pilihan tepat untuk bisa ke tempat tujuan walaupun jauh sekitar 2,5 jam ke desa Ngarip Batu Tegi dan 30 menit dilanjutkan ke desa Sukamaju Kec. Ulu Belu. Setelah melewati jalan perkampungan kita berhenti di salah satu area perkebunan warga yang sudah dijadikan tempat parkir motor. Sangat disarankan menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan desa ini sempit untuk mobil.

Setelah parkir motor, kemudian menuruni perbukitan menuju sebuah lembah yang lumayan terjal. Sesampainya di lembah, kita bisa pilih air terjun mana yang mau didatangi. Disini ada dua jenis air terjun yang sama-sama tinggi dan mempunyai keunikan masing-masing. Secara keseluruhan jalan ke sana dikenal aman dari kriminal/pembegalan, akan tetapi kita harus tetap waspada.

Note: lokasi untuk ke air terjun masih alami sehingga jalannya licin dan banyak batu, harus hati-hati sekali.


EmoticonEmoticon