Thursday, April 21, 2016

Fresh..!! Wisata Di Pulau Maratua Yang Bikin Seger Pikiran, Silahkan Share..!!

Fresh..!! Wisata Di Pulau Maratua Yang Bikin Seger Pikiran, Silahkan Share..!!


Secara letak, Pulau Maratua memang dekat dengan Derawan, cukup satu jam bila menggunakan speedboat. Sedangkan bagi anda dari Jakarta yang ingin datang ke sini bisa melalui Tarakan atau via pelabuhan Tanjung Redep setelah turun di Bandara Kalimarau, Berau.

Memang sedikit sulit, karena letak Maratua berada di pulau terluar Indonesia dan berada di perairan Sulawesi yang berdekatan dengan perbatasan Malaysia. Tapi setelah sandar di sana, niscaya anda akan terpukau dengan sajian indahnya hamparan laut biru yang membuat adrenalin langsung ingin
menyelam.

Maratua bak "surga" bagi para penyelam yang mengagumi dunia lain di bawah laut. Asyiknya, spot yang ditawarkan cukup banyak, meski harga yang ditawarkan cukup mahal tentu hal ini bukan masalah berarti bagi pecinta diving berkantung tebal.

Ikan-ikan laut dari beberapa jenis langsung bisa terlihat bermain di bawah dermaga. Mulai dari lion fish sampai pari putih. Uniknya penyu pun suka menampakkan diri di waktu pagi atau menjelang sore hari bermain di permukaan air dangkal.

Resort

Salah satu penginapan terlengkap adalah Maratua Paradise Resort. Selain punya dermaga sendiri, posisinya juga langsung berhadapan dengan laut lepas, bahkan beberapa kamar sengaja didirikan tepat di bawah bibir laut.

Bila menginap di sini pengunjung bisa langsung berenang atau snorkeling tepat di depan restoran. Dari sini saja anda sudah bisa bertemu ragam pemandangan menarik, belum lagi bila yang berniat diving atau berkunjung ke tempat-tempat menarik lainnya.

Fasilitas di sini hanya penginapan saja, bila mau diving atau main ke pulau lainnya seperti Kakaban atau Sangalaki harus sewa boat lagi.

Per malamnya, satu orang dihitung mulai dari Rp 660.000 sampai Rp 990.000 untuk water vila yang tepat di bawah bibir pantai. Biaya transportasi menuju Maratua melalui Tarakan dikenakan biaya pulang-pergi sebesar Rp 10-12 juta juta untuk tujuh orang. Sedangkan bila dari Berau harganya sedikit lebih murah karena faktor waktu yang lebih cepat, yakni Rp 7 juta untuk 7 orang pulang-pergi.

Untuk detail lengkap mengenai penginapan (akomodasi) di Pulau Maratua sebagai berikut
  • Harga menginap di Maratua Paradise Resort: Rp. 660.000,- per orang per malam untuk Water Villa, dan Rp. 550.000,- per orang per malam untuk Beach Villa. Harga sudah termasuk makan tiga kali sehari. Cek harga terlebih dahulu karena dapat berubah di saat high season. Contact:+628215757169229 atau +6285246585368 (Ilsam)
  • Untuk booking juga bisa melalui email ke  jworld@po.jaring.my, website Maratua Paradise di http://www.maratua.com/index.php/rates-a-reservations
  • Pulau Maratua terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Ada dua cara akses ke Derawan, pertama ke Balikpapan terlebih dahulu, kemudian mengambil penerbangan lanjutan ke Berau atau keTarakan. Kemudian dari Tarakan atau Berau ke Kepulauan Derawan dengan menggunakan speed boat.
  • Tarif speed boat dari pelabuhan Tanjung Batu, Berau ke Pulau Maratua Rp. 1.500.000,- (one way, kapasitas 10 hingga 13 orang). Lebih baik sewa untuk PP (diantar dan dijemput kembali, dengan harga Rp. 3.000.000,-)
  • Dari bandara Tanjung Redep Berau ke Pelabuhan Tanjung Batu, jika beramai ramai bisa sewa mobil, PP (diantar dan dijemput saat kembali) tarif sekitar Rp. 800.000,- untuk mobil kapasitas 6 orang.
  • Waktu terbaik mengunjungi Maratua antara lain di bulan Maret hingga Mei, setelah bulan Agustus, awal bulan Oktober. Sementara di Akhir Oktober biasanya sudah memasuki masa sering turun hujan.
  • Alternatif penginapan murah di Pulau Maratua: Ananda Hotel dengan rate: Rp. 200.000,- per kamar(tanpa AC) dan Rp. 300.000,- per kamar AC. Ananda Hotel terletak sekitar 15 menit perjalanan naikmotor dari Maratua Paradise Resort. Tapi view di Ananda sangat berbeda dengan di Maratua Paradise.

Disarankan setidaknya menginap satu hari saja di Maratua Paradise Resort.


EmoticonEmoticon